Site icon Cenderawasih Pos

Pastikan Pelayanan, Pj Wali Kota Sidak Dispendukcapil 

Pj Wali Kota Jayapura Chritian Sohilait saat melakukan Sidak di Kantor Disdukcapil Kota Jayapura, Kamis (3/10). (foto:Mboik/Cepos)

JAYAPURA-Untuk memastikan jalannya pelayanan yang prima kepada masyarakat di Kota Jayapura Pj Walikota Jayapura Christian Sohilait melakukan inspeksi mendadak (Sidak) terhadap pelayanan publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura,  Kamis (3/10).

   Kepada wartawan usai Sidak tersebut, mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya itu mengatakan secara umum pelayanan kepada masyarakat di kantor Dispendukcapil Kota Jayapura itu sudah berlangsung cukup baik. 

Karena itu menurutnya kunjungan itu semata-mata hanya ingin memastikan pelayanan dari semua pegawai atau staf yang ada di kantor dinas kependudukan dan catatan sipil kota Jayapura itu berjalan sesuai dengan mekanisme yang ada.

   “Hari ini saya melakukan kunjungan untuk melihat langsung pelayanan di sini.  Intinya semua pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil cukup baik. Karena saya lihat sendiri tadi,  saya coba melakukan penginputan aplikasi IKD. Saya pikir pelayanan kita baik,” ujarnya.

   Christian Sohilait juga mengaku  Sidak ini dilakukan untuk menindaklanjuti keluhan atau masukan dari masyarakat tentang lamanya proses pelayanan di Dispendukcapil Kota Jayapura itu,  terutama untuk penerbitan ataupun pengurusan beberapa dokumen.

   “Ada masukan dari masyarakat tentang lamanya pelayanan,  kemudian mekanisme pelayanan.  Karena itu saya datang dan lihat,”katanya.

   Dari hasil pengawasan  yang dilakukannya itu menurutnya memang perlu ditingkatkan lagi  secara baik terutama pelayanan-pelayanan kepada masyarakat, sehingga tidak ada miskomunikasi.

   “Saya kasih contoh kenapa pelayanan lama,  ternyata apa yang disampaikan oleh masyarakat dan yang dilakukan oleh petugas tidak connect.  Misalnya tadi ada kasus, ada satu masyarakat yang dia minta dua nama dari kartu keluarganya dikasih pindah, dan buat kartu keluarga baru.  Mungkin karena orang banyak dan petugasnya tidak mendengar baik, lalu dia bikin satu-satu.  Akhirnya lama dan mamanya marah. Lalu setelah kita jelaskan baru dia mengerti. Karena itu miskomunikasi seperti ini harus diselesaikan tidak boleh terjadi lagi,” ujarnya.

    Kemudian yang berikut dirinya mengingatkan kepada para staf yang bertugas di loket-loket pelayanan,  supaya tetap sabar,  menyampaikan atau melayani masyarakat dengan kata-kata yang baik. “Kalau merasa capek,silakan istirahat baru dilanjutkan,” imbuhnya. (roy/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version