Site icon Cenderawasih Pos

Media Pilar Penting Publikasi Tugas dan Fungsi Kemenkumkam

Tim Humas, Kanwil Kemenkumham Papua mengikuti pembinaan dan Koordinasi Humas, Hukum dan Kerjsama di Kanwil Kemenkumham Papua, Jumat (3/8) kemarin. (foto:Karel/Cepos)

JAYAPURA-Kepala Biro, Humas, Hukum, dan Kerjasama Kementrian Hukum dan HAM RI, Antar Situmorang, menyampaikan peran media sangat penting untuk mempublikasikan tugas dan fungsi Kementrian Hukum dan HAM.

“Jadi media itu partner kita, peran mereka sangat penting,” katanya usai memberikan pelatihan peningkatan kapasitas tim humas di Kanwil Kemenkumham Papua, Jumat (3/8) kemarin.

Dengan pentingnya peran media ini, maka jajaran Kemenkumham di setiap daerah wajib membangun kerjasama dengan berbagi media, sehingga setiap kerja institusi dapat dipublikasikan kepada masyarakat.

“Humas harus bangun kerjasama dengan media, karena kita ini sebagai penyedia informasi, jadi segala kebutuhan ataupun tugas pokok kita bisa diberikan kepada media untuk dipublikasikan,” imbuhnya.

Sehingga masyarakat mengetahui Tupoksi yang diperankan oleh Kemenkumham. “Jangan sampai tertutup dengan media, karena mereka butuh data dari kita, artinya antara media dengan institusi ini saling membutuhkan,” ujarnya.

Terlepas daripada itu media juga harus membuat berita yang akuntabel, dan valid, sehingga tidak menjadi bumerang bagi institusi itu sendiri.

“Bila ada informasi yang miring di masyarakat, media wajib mengkonfirmasi dengan Kakanwil Kemenkumham, sehingga ada pertimbangan atau penjelasan yang valid kepada masyarakat,” tuturnya.

Selain itu Kehumasan Kakawnil Kemenkumham Papua juga harus mampu mengadopsi media massa yang dimiliki. Setiap informasi harus disampaikan melalui media sosial.

“Sekarang sudah serba mudah, ada tiktok, FB, Instagram ataupun lainnya silakan bagi informasi melalui kanal-kanal ini,” imbuhnya.

Diapun mengharapkan pelatihan itu dapat meningkatkan kinerja kehumasan Kakanwil Papua. “Semoga kedepannya peran kehumasan Kakanwil Kemenkumham Papua semakin maksimal,” harapnya.

Sementara itu di tempat yang sama Kakanwil Kemenkumham Papua Anthonius M. Ayorbaba mengatakan  sebagai pilar ke-4 demokrasi, media sangat  berperang penting mempublikasi informasi organisaai pemerintahan.

Untuk itu peningkatan kapasitas kehumasan menjadi penting. Sehingga dapat membangun jaringan dengan media. “Penguatan terhadap jajaran ASN baik tingkat wilayah maupun Satker sangat penting,” tuturnya.

Pasca pelatihan itu, pihaknya akan mengeluarkan edaran kesetiap satuan kerja, tujuannya untuk memperkuat kerja kerja kehumasan.

“Kedepannya kita akan membangun sinergitas dengan rekan-rekan media, sehingga informasi yang kita perloleh dapat dipublikasikan dengan baik oleh media yang ada di Papua ini,” pungkasnya. (rel/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version