Site icon Cenderawasih Pos

Forel PMR dan KSR Bantu Kegiatan Sosial dan Penanggulangan Bencana

Ketua PMI Kota Jayapura Rustan Saru saat mengukuhkan Forum Relawan PMR dan KSR Kota Jayapura di Grand Tabi Hotel Jayapura,  Sabtu (31/8). (foto:Rustan Saru For Cepos)

JAYAPURA-Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jayapura, telah mengukuhkan Forum Relawan (Forel) Palang Merah Remaja (PMR) dan KSR (Korsp Sukarela) masa bakti 2024-2027. Pengukuhan Forel oleh Ketua PMI Kota Jayapura Rustan Saru, berlangsung di Grand Tabi Hotel Jayapura,  Sabtu (31/8).

   Ketua PMI Kota Jayapura  Rustan Saru mengatakan, pengukuhan ini adalah bagian pengembangan organisasi PMI Kota Jayapura dalam memberikan pelayanan masyarakat. Program bidang Palang Merah Remaja dan Sumber Daya Manusia.

   Dijelaskan, pengukuhan Forel untuk merekrut relawan PMR dan KSR baik perguruan tinggi hingga pendidikan jenjang SMP dan SMA di Kota Jayapura untuk bersama-sama terlibat dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan.

   “Pengukuhan ini merupakan bentuk strategi yang potensial dalam mengasah kreativitas dan rasa tanggung jawab. Dengan adanya pengukuhan Forel ini untuk, kegiatan sosial dan membantu penanggulangan bencana di tingkat Kota Jayapura,”ucapnya.

   Diakui, Palang Merah Remaja atau PMR adalah suatu organisasi binaan dari PMI yang berpusat di sekolah-sekolah, yang bertujuan membangun dan mengembangkan karakter kepalangmerahan agar siap menjadi relawan PMI pada masa depan.

   Sementara, KRS-PMI adalah Korps Sukarela Palang Merah Indonesia, yakni unit kesatuan dalam organisasi PMI. KSR-PMI merupakan wadah bagi anggota biasa dan perseroan yang secara sukarela mendaftarkan diri sebagai anggota.

   “Saya berharap mereka dapat mengemban tujuh prinsip PMR, yakni kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan,” ujarnya.

   Sementara itu, mewakili Pemerintah Kota Jayapura, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura Abdul Majid mengatakan Forel PMR dan KSR ini salah satu bukti atas kerja keras PMI Kota Jayapura dalam menumbuh kembangkan generasi muda di Kota Jayapura yang peduli serta mau berperan serta pada organisasi kemanusiaan. “Kami berharap dari bidang penanggulangan bencana, Forel bisa melakukan program kerjanya, salah satunya penanggulangan bencana di Kota Jayapura,”imbuhnya.(dil/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version