Site icon Cenderawasih Pos

Kecewa, di Akhir Periode Tak Ada Paripurna

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MM

MIMIKA – Mantan Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan bahwa di akhir masa jabatannya bersama mantan Bupati Mimika Eltinus Omaleng seolah tak mendapat kesan yang baik dari semua pihak yang ada di Mimika.

Seperti diketahui, jabatan kepemimpinan Eltinus Omaleng dan Johannes Rettob (OMTOB) sebagai Bupati Mimika dan Wakil Bupati terlipih periode 2019-2024 telah berakhir pada, Jumat 6 September 2024.

Namun, sampai pada hari terakhir kedua sosok yang dijuluki Bapak Pembangunan dan Bapak Toleransi itu tidak diumumkan melalui rapat paripurna untuk diketahui oleh publik.

Johannes merasa bahwa masa jabatan OMTOB seolah berakhir begitu saja tanpa ada sesuatu yang digelar untuk menandai berakhirnya masa jabatan mereka.

“Saya sampai hari ini berharap bahwa seharusnya kami berhenti dari jabatan selama lima tahun ini harusnya ada paripurna. Tetapi saya tidak tahu kenapa sampai tidak ada paripurna sampai sekarang,” kata Johannes kepada awak media di kediamannya, Minggu (8/9/2024).

Dia mengungkapkan kesedihannya sebab ia merasa seluruh lapisan masyarakat maupun pemangku kebijakan justru lebih mementingkan menyampaikan ucapan selamat kepada Penjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito yang baru saja dilantik di Nabire, Provinsi Papua Tengah oleh Penjabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk.

Ia menilai, tak ada sedikitpun perhatian publik di akhir masa jabatannya bersama Eltinus Omaleng yang telah mengabdi dan membangun Kabupaten Mimika dalam kurun waktu 5 tahun sejak memenangkan Pemilihan Kepala Daerah pada 2019 silam.

Kendati demikian, Johannes tetap profesional dan menyampaikan terima kasihnya mewakili dia dan juga Eltinus Omaleng kepada publik di Mimika atas kerja sama dan sinergitas yang telah terjalin semasa menjabat sebagai kepala dan wakil kepala daerah.

“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mimika termasuk para media, stakeholder, semuanya, unsur agama, unsur budaya segala macam yang telah bekerja sama dengan kami selama 5 tahun,” tutupnya.

Sementara itu Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Mimika, Septinus Timang menyebut dalam lima tahun terakhir OMTOB telah melakukan banyak hal baik itu pembangunan infrastruktur maupun pembangunan dalam rangka mendukung pelayanan dasar dalam menunjang Pendidikan, Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat.

“Saya pikir selama masa kepemimpinan OMTOB banyak hal yang mereka lakukan dalam lima tahun terakhir dan itu sangat luar biasa,” ujar Septinus Timang, Sabtu (7/9).

Selain capain, kata Septinus ada pula pekerjaan atau janji politik yang tidak diselesaikan  dan itu menjadi kekurangan dalam kepemimpinan OMTOB.

“Untuk menilai kekurangan dan capaian itu selebihnya masyarakat sendiri yang bisa menilainya,” ungkap Septinus.

Septinus menambahkan, apa yang menjadi kekurangan pada kepemimpinan OMTOB akan dievaluasi Pemerintah Kabupaten Mimika untuk nantinya dilanjutkan oleh Bupati Mimika dan Wakil Bupati terpilih periode berikutnya. (mww/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version