Site icon Cenderawasih Pos

Tingkatkan Ketrampilan SDM, 4 Kelompok Pelaku UKM Ikuti Pelatihan

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura Hariyanto bersama peserta pelatihan saat memperlihatkan alat produksi yang akan diberikan kepada 4 kelompok peserta yang mengikuti pelatihan di aula SMKN 1 Sentani, Rabu (28/8) kemarin. (foto:Priyadi/Cepos)

SENTANI -Dalam upaya memberdayakan pelaku UKM di Kabupaten Jayapura, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura menyelenggarakan kegiatan peningkatan keterampilan SDM UKM,  melalui pelatihan pembuatan kerupuk sagu, abon, sosis dan bakso bagi pelaku usaha mikro di Kabupaten Jayapura tahun 2024.

Kegiatan diikuti 15 peserta dari 4  kelompok pelaku UKM yang ada di Distrik Unurum Guay, Depapre dan Sentani, berlangsung selama tiga hari dari tanggal 28-30 Agustus di aula SMKN 1 Sentani.  Kegiatan dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Jayapura diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura Hariyanto.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura Hariyanto, mengatakan, potensi sumber daya alam di Kabupaten Jayapura begitu luar biasa dan bisa diolah untuk kuliner bagi pelaku usaha, diantaranya di Distrik Sentani ada Danau Sentani yang menghasilkan banyak ikan tawar, sehingga dari potensi ikan tawar Danau Sentani ini bisa dibuat abon, sosis dan bakso ikan.

Sedangkan di Distrik Depapre ada laut sehingga potensi hasil tangkapan ikan lautnya juga banyak,  bisa dibuat bakso ikan, abon ikan,  sedangkan di Distrik Unurum Guay banyak hutan sagunya turunan dari olahan sagu juga bisa dibikin kerupuk sagu yang selama ini orang belum tahu dan rasa kerupuk sagu memang lebih enak dibanding kerupuk pada umumnya.

“Dari pelatihan ini kami harap peserta dari 4 kelompok usaha di 3 distrik bisa mengikutinya dengan baik, hingga selesai pelatihan mereka bisa berkreasi membuat olahan seperti kerupuk sagu, sosis, abon, bakso ikan, sehingga berbagi potensi sumber daya alam yang disediakan untuk masyarakat Kabupaten Jayapura bisa dikelola dengan baik dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Saya harap pelatihan selama tiga hari ini bisa berjalan dengan lancar dan maksimal selesainya pelatihan ini 4 kelompok ini dapat menularkan ilmu pelatihan kepada kelompok usaha lainnya,”pesannya.

Diakui, tidak hanya memberikan pelatihan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura juga memberikan bantuan alat pendukung usaha baik alat mencetak bakso, membuat abon, membuat sosis dan kerupuk sagu supaya dalam menjalankan usaha akan lebih mudah tidak konvensional.

Jika menjalankan usaha dibantu dengan alat yang modern tentu akan mempermudah proses produksi dan hasilnya bisa lebih banyak dan pembuatannya higienis.(dil/ary)

Exit mobile version