Site icon Cenderawasih Pos

Masalah Tanah Tak Kunjung Usai, Puskesmas Komba Belum Beroperasi  Kembali

Puskesmas Komba yang belum dioperasikan kembali, karena masih tersandung masalah klaim kepemilikan tanah. (foto: Priyadi/Cepos)

SENTANI-Permasalah pemalangan Puskemas Komba, Kabupaten Jayapura, sampai saat ini belum juga terselesaikan dengan baik.  Masih ada kelompok masyarakat yang mengklaim sebagai pemilik hak ulayat lahan Puskesmas tersebut dan di sisi lain lahan Puskesmas tersebut sudah dimiliki Hengky Joku. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pertanahan, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DP2KP) Kabupaten Jayapura, Terry F. Ayomi.

“Jadi permasalahan Puskesmas Komba yang sampai sekarang masih dipalang, karena ada permasalahan antara pemilik lahan Hengky Joku dengan keluarga yang merasa masih memiliki tanah tersebut, sehingga masih dilakukan pemalangan dari pihak satunya,”ungkap Terry F. Ayomi.

Oleh karena itu, karena tanah tersebut sudah di bangun Puskesmas oleh Pemkab Jayapura maka diharapkan pihak Hengky Joku bisa membantu Pemkab Jayapura menyelesaikan permasalah tersebut, supaya Puskemas yang dibangun dan sudah sempat beroperasi bisa dioperasikan kembali.

Jika tidak maka akan merugikan masyarakat yang sakit dan mau berobat, karena itu salah satu Puskesmas yang melayani dari berbagai kampung di daerah Sentani.

Pasalnya, jika Puskesmas itu tidak dioperasikan tentu kasihan warga yang mau berobat harus pergi jauh ke Rumah Sakit Yowari atau Puskesmas Kemiri dan jika Puskesmas Komba tidak dioperasikan tentu kasihan petugas kesehatan yang bekerja. Alat- alat kesehatan yang harusnya dirawat dan difungsikan, termasuk bangunan gedung akan terbengkalai begitu saja.

“Kami harap Hengky Joku sebagai  pemilik lahan Puskesmas Komba dan yang merasa keluarga pemilik hak ulayat di lahan Puskesmas Komba bisa saling bertemu dan duduk bersama. Bisa mencari jalan tengah, supaya Puskemas Komba bisa kembali beroperasi, karena kasihan warga yang butuh pelayanan kesehatan,”ucapnya.

Sementara itu, adanya aksi pemalangan Puskesmas Komba tidak menghambat pelayanan kesehatan kepada masyarakat, hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Jayapura, Khairul Lie.

“Pemalangan yang dilakukan tidak berdampak pada pelayanan kesehatan kepada warga di Kota Sentani, khususnya di Kampung Yobeh dan sekitarnya. Karena, saat ini pelayanan kesehatan di Puskesmas Komba dialihkan ke Puskemas Sentani yang ada di Kemiri,” ucap Khairul Lie.

Dirinya memastikan, bahwa hingga saat ini tidak ada masalah terkait dengan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar lokasi pemalangan. “Langkah yang kita ambil dengan mengalihkan pelayanan ke Puskesmas Kemiri. Bila soal tanah, bisa langsung koordinasi dengan Dinas terkait,” tandasnya.(dil/ary)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos   

Exit mobile version