Site icon Cenderawasih Pos

Penanganan Stunting dengan Dana Desa Dilauncing

Asisten II Setda Jayawijaya Lekius Yikwa menyerahkan dana penanganan stunting untuk 7 Kampung yang ada di Distrik Pisugi kepada petugas dalam Launcing Stunting untuk 40 Distrik dan 328 kampung, Selasa (17/9) kemarin. (foto: Denny/ Cepos)

WAMENA – Pemkab Jayawijaya resmi melaunching penanganan stunting dari dana desa untuk 40 distrik dan 328 Kampung yang dipusatkan di Distrik Pisugi yang membawahi 7 kampung, oleh karena itu diharapkan untuk petugas Kesehatan, Ibu -ibu PKK, Kader harus menjalani tanggungjawab yang diberikan oleh pemerintah daerah.

PJ Bupati Jayawijaya, melalui asisten II setda Jayawijaya Lekius Yikwa menyatakan, lauching stunting untuk 40 distrik atau 328 kampung dipusatkan di pisugi di tujuh kampung. ini perlu di teruskan, ini juga kegiatan sosialisasi. sebab pemerintah mengharapkan kepada stekholder dalam hal ini ibu-ibu PKK, Puskesmas, kader, ini tugas dan tanggungjawab untuk menterjemahkan program stunting ke tingkat desa dan distrik.

“Kami kolaborasi dan kerja sama ini terus kita lakukan karena aturan perpres 72 tahun 2001 sudah dijelaskan bahwa program ini dari pusat hingga daerah harus sukseskan,”ungkapnya Selasa (17/9) kemarin

Ia mengakui jika lauching ini berarti dari DPMK, Bappeda, lintas sektor akan lakukan sosialisasi dan turun kampung langsung, sehingga perlu dijelaskan, dana stunting ini dari desa untuk masyarakat, tetapi selama ini dikelola kepala kampung tetapi tidak ada sasarannya, sehingga dialokasi ini DPMK ambil alih lagi, dialosikan honor petugas dan juga kegiatan masing-masing sesuai pagu dana,

“Jumlah anggarannya juga beda-beda. tetapi hari ini pemberian dana total di Distrik Pisugi Rp 367 juta.  begitu juga distrik lain juga sesuai dengan jumlah pagu dana akan disesuaikan dari banyaknya kampung disana, sehingga akan mencapai ke40 distrik.”kata Lekius Yikwa.

Asisten II Setda Kabupaten Jayawijaya juga mengakui jika dana sebesar Rp 367 juta untuk penanganan stunting di Distrik Pisugi bersumber dari 8 persen dana desa yang diterima 7 kampung yang ada diwilayah tersebut.

Di tempat yang sama Kepala Distrik Pisugi Agustinus Kosay menyatakan program penanganan stunting itu diharapkan sesuai dengan nomenklaturnya untuk 40 distrik, sementara penanganan stunting dari dana dari Otsus harus dialokasikan sehingga jelas.

Kata Agustinus, program stunting ini sangat penting maka pihaknya dari pemerintah tingkat Distrik berharap sekali untuk nomenklatur penanganan stunting harus jelas sehingga dialokasikan  dan sumber dana juga jelas mana yang ditangani dengan dana desa mana yang ditangani dengan dana otsus di masing-masing distrik dan kampung.(jo/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version