Mulai 28 Februari Nam Air Tak Beroperasi di Wamena

380
Penumpang di Bandara Wamena saat menaiki Pesawat ATR Seri 700 Milik Penerbangan Nam Air yang tidak akan beroperasi lagi di Wamena sejak 28 Februari mendatang.( FOTO : Denny/ Cepos )

WAMENA – Terhitung mulai 28 Februari 2019, Nam Air tidak lagi melayani penerbangan di Wamena. Pesawat ATR seri 700 Nam Air ini beroperasi hanya sampai 27 Februari melayani rute Jayapura Wamena (PP).

 Manager Nam Air Wamena Jorry mengakui jika penerbangan Nam Air ini akan dirutekan ke tempat lain. Sementara yang akan menggantikan penerbangan Nam Air di Wamena yakni Pesawat Sriwijaya Boing dengan tipe 737 Seri 500 dengan kapasitas 120 seat.

“Penerbangan Nam Air yang beroperasi di Wamena selama ini memang terkesan cepat, namun sejak jauh –jauh hari kami sudah rencanakan, kita harus cepat penarik penerbangan ini karena harus menerbangkan pesawat ini ke Jakarta lagi untuk ditempatkan di rute yang baru,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Sabtu (23/2).

Baca Juga :  Program Langit Biru,  Beli Pertalite Seharga Premium

Dengan permintaan masyarakat akan pesawat boing, kata Jorry, managemen sudah menjawab dan merencanakan untuk memasukan pesawat boing yaitu Sriwijaya Air. Meskipun Sriwijaya Air dan Nam Air satu grup, tetapi izinnya berbeda, sehingga otomatis pihaknya harus mengurus izin untuk rute baru.

 Lanjutnya, setelah dari pusat mengeluarkan izin, maka penerbangan Sriwijaya Air langsung bisa beroperasi. Rencananya 1 April baru bisa beroperasi, sehingga kurun waktu satu bulan pihaknya melakukan proses pengurusan izin. Kalau izinnya cepat dikeluarkan maka pengoperasian pesawat boing ini bisa lebih cepat dari jadwal yang direncanakan.

“Kita sudah bisa memastikan 1 April nanti penerbangan Sriwijaya Boing sudah mulai beroperasi dari Jayapura ke Wamena dan Wamena ke Jayapura,”jelas Jorry.

Baca Juga :  Pemprov Papua Tawarkan SDA dan Produk UMKM Kepada Keduaat Malaysia

Untuk mendapat izin penerbangan, salah satu persyaratan harus persetujuan dari bandara asal dan bandara tujuan, sehingga Jorry memastikan untuk ijin Slot time di Bandara Sentani Jayapura juga tidak masalah.(jo/ary)