Site icon Cenderawasih Pos

Pj. Bupati Paniai Pimpin Pemulangan Pengungsi Bibida

Para pengungsi dari Distrik Bibida berada di Gereja Katolik Paroki Salib Suci Madi Paniai. (foto:Satgas Damai Cartenz)

NABIRE  Penjabat (Pj.) Bupati Kabupaten Paniai, Martha Pigome didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Paniai, Denci Meri Nawipa, Asisten II Kabupaten Paniai, Soleman Boma, Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Marthen Tenouye dan Kapolres Paniai, AKBP Abdul Syukur bersama forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda)  memimpin langsung proses pemulangan masyarakat  Bibida yang mengungsi di Gereja Katolik Paroki Salib Suci Madi.

Proses pemulangan masyarakat dari pengungsian ini dipimpin lansung Pj. Bupati Paniai, Martha Pigome pada selasa, (25/6/2024).

Kepada koran ini ketua Komisi A DPRD Paniai, Marthen Tenouye menjelaskan, pemulangan ini dilakukan setelah rapat koordinasi dengan pimpinan pemerintah daerah bersama DPRD, Pihak Keamanan (TNI/Polri) dan stakeholder di Kabupaten Paniai.

“Tadi Pagi pukul 07.00 WIT kami ke Gereja Katolik Paroki Salib Suci Madi dan berikan arahan proses pemulangan pengungsi. Setelah itu, sekira pukul 07.35 WIT kami arahkan masyarakat naik kendaraan yang sudah disiapkan untuk diantar ke kampung masing, ” jelas Ketua Komisi A DPR Paniai, Marthen Tenouye kepada media ini saat dikonfirmasi via seluler, Selasa, (25/6).

Lebih lanjut jelas Tenouye, Kelompok pertama diantar ke kampung Ugidimi untuk masyarakat yang berasal dari distrik tetangga yaitu Distrik Dogomo dan Distrik Duma Dama.

Sementara Masyarakat Distrik Bibida diantar terakhir sekitar pukul 11.00 WIT- 12.00 WIT siang tadi. ” Kami sengaja antar masyarakat Distrik Bibida terakhir karena kampung mereka cukup dekat dengan akses jalan seperti kampung Odiyai, dan kampung lainnya di Distrik Bibida, ” katanya.

Ia mengatakan, pengantaran pengungsi ke kampung masing-masing dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Paniai dan Kapolres Paniai sehingga proses pengantaran pengungsi berjalan dengan lancar.

” Ibu Bupati dan Pak Kapolres lanhsung pimpin pengembalian masyarakat pengungsi ke kampung masing-masing. Puji Tuhan, semua berjalan lancar dan masyarakat sudah kembali ke rumah masing-masing, ” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan, hanya ada satu keluarga yang masih bertahan di Gereja Katolik Madi dari 1.883 yang mengungsi di Gereja itu.

” Keluarga yang bertahan ini juga memiliki alasannya sendiri. Mereka sementara dengan Pastor dan akan diantar kembali juga setelah mereka siap, ” Ungkap Tenouye.

Menurutnya, untuk masyarakat yang mengungsi ke Nabire, Pemerintah daerah Kabupaten Paniai akan menyiapkan transportasi untuk pemulangan. “Dalam waktu dekat kami juga akan pulangkan masyarakat yang mengungsi ke Nabire. Tentunya, Ibu Bupati dan Pak Kapolres bersama jajaran pimpinan Forkopimda akan menjemput masyarakat kami di Nabire dalam waktu dekat, ” jelasnya.

Ia berharap, Masyarakat yang kembali dapat melaksanakan aktifitas seperti biasanya. “Apabila ada gangguan keamanan lagi lansung dilaporkan kepada pemerintah dan Aparat Keamanan, ” pungkasnya.

Tentunya, Pemerintah daerah Kabupaten Paniai, DPRD Kabupaten Paniai dan aparat keamanan (TNI/Polri) akan menjamin keamanan masyarakat Bibida yang kembali ke kampung halamannya kedepan. (txt/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version