Site icon Cenderawasih Pos

Bawa 12 Orang,  Kapal LCT Cita XX Hilang Kontak

Tim SAR gabungan saat hendak bertolak melakukan pencarian. (Foto/Humas)   

Dalam Perjalanan dari Mimika Menuju  Yahukimo

MIMIKA – Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika melakukan pencarian terhadap kapal LCT Cita XX yang hilang kontak saat berlayar dari Mimika tujuan Kabupaten Yahukimo.

  Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, I Wayan Sutayana menyebut, kapal tersebut berangkat dari Mimika pada Senin 15 Juli 2024 dan dijadwalkan tiba di Yahukimo Kamis 18 Juli 2024. Namun, hingga saat ini kapal tersebut hilang kontak dan tak kunjung tiba di pelabuhan tujuan.

   “Jumat (19/7) sore, kami menerima laporan dari bapak Ezra Muklis bahwa pada Senin (15/7) siang, ada sebuah kapal LCT Cita XX POB 12 orang berangkat dari Timika, direncanakan tiba di Yahukimo Kamis (18/7),  namun hingga saat ini belum diketahui nasib dan keberadaannya,” kata I Wayan Sutayana.

Potret Kapal LCT Cita XX, sebelum hilang kontak. (Foto/istimewa)

   Usai menerima laporan tersebut lanjut Wayan Sutayana, Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika langsung melakukan penelusuran dengan menghubungi pihak-pihak kapal yang sering melintasi jalur yang direncanakan dilalui kapal Cita XX. Namun hingga Sabtu (20/7) siang tak ada informasi yang diterima terkait kapal tersebut.

   Akhirnya, diberangkatkan tim SAR gabungan menggunakan RIB Basarnas dari Pos Pencarian dan Pertolongan Asmat untuk melakukan pencarian di rute yang direncanakan dilalui kapal LCT Cita XX, namun hingga sore  hari pukul 18.00 pencarian belum juga membuahkan hasil.

   Kemudian, pada Minggu, 21 Juli 2024, tim SAR gabungan kembali melanjutkan pencarian Kapal LCT Cita XX di lokasi yang dicurigai menjadi tempat persinggahan kapal tersebut, namun kapal tersebut tak kunjung ditemukan.

   Senin (22/7) kemarin,  Tim SAR gabungan kembali melakukan pencarian di hari ketiga terhadap kapal LCT Cita XX yang hilang kontak dalam perjalanan dari Timika tujuan Yahukimo.  “Tim SAR Gabungan hari ini terbagi menjadi 2 tim, tim 1 dari Timika menggunakan Kapal Patkamla Yapero milik TNI AL melakukan penyisiran ke jalur tengah laut. Tim 2 dari Asmat menggunakan RIB Basarnas direncanakan akan melakukan penyisiran ke daerah perairan dangkal,” kata I Wayan.

   “Hingga saat ini tim sar gabungan masih melakukan pencarian. Mudah-mudahan di hari ini korban bisa kita temukan, mohon doanya sehingga kita bisa melakukan pencarian secara cepat dan tepat dan bisa menemukan korban dalam keadaan selamat,” ungkapnya kepada awak media, Senin (22/7/2024).

  I Wayan melanjutkan, jarak dari pelabuhan untuk menuju ke titik pencarian hari ini sekitar 40 Mile. Ia menyebut, nantinya saat tiba di titik pencarian, tim SAR gabungan akan menyusuri lokasi pencarian sejauh 120 Mile. (mww)

  Data Grafis Kapal LCT Cita XX

POB (Person on Board)  12 Orang

Angkut Material BTS 4G Kominfo

Senin (15/7)  Berangkat dari Mimika

Kamis (18/7) Diperkirakan Tiba di Yahukimo,

Jumat (19/7) Dilaporkan ke Kantor SAR Timika

Sabtu (20/7) Tim SAR Diberangkat Mencari

Minggu (21/7) Hasi Pencarian Nihil

Senin (22/7) Tim SAR Kerahkan 2 Tim

>Tim 1 dari Timika menggunakan Kapal Patkamla Yapero milik TNI AL menyisir  ke jalur tengah laut.

>>Tim 2  dari Asmat menggunakan RIB Basarnas menyisirdi daerah perairan dangkal

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version