Site icon Cenderawasih Pos

Trio Legenda Mutiara Hitam Tukangi Persipura

Coach Ricardo Salampessy didampingi Ridwan Bauw dan Imanuel Wanggai saat memberikan instruksi kepada pemain di lapangan PLTD Waena, Rabu (4/9). (foto:Eryck / Cepos)

JAYAPURA – Ada yang menarik dalam latihan perdana Persipura Jayapura pada Rabu (4/9) kemarin. Dalam barisan staf pelatih yang baru terlihat beberapa wajah lawas yang diyakini bakal ikut menukangi Persipura.

Yang sudah pasti adalah nama Ricardo Salampessy yang kembali dipercaya menjadi pelatih kepala. Disini ia tak sendiri tetapi dibantu dua asistennya, Ridwan Bauw dan Imanuel Wanggai.  Sejatinya, Ricardo dan Ridwan telah bekerjasama sejak musim lalu.

Namun musim ini, mereka akan dibantu oleh Imanuel Wanggai yang musim lalu menukangi Persiker Keerom pada kompetisi Liga 3. Sementara untuk posisi pelatih fisik menggunakan Pramudya Elsa.

Kehadiran Ricardo, Ridwan dan Imanuel diharapkan tak hanya sebagai seorang pelatih dalam tim namun menjadi motivasi baru bagi anak-anak Mutiara Hitam untuk menatap musim baru.

Apalagi musim ini Persipura bisa dibilang telah star dan  membutuhkan waktu lebih cepat untuk memanaskan skuad. Menurut Ricardo, kehadiran Manu akan membantu mereka. Tak hanya memiliki segudang pengalaman, tapi Manu bisa menjadi salah satu mentor dalam tim.

“Saya mencoba untuk membentuk satu tim kerja untuk mendukung saya. Walaupun coach Manu baru beberapa tahun terlibat dalam kepelatihan tapi kami butuh sosok mentor,” ungkap Ricardo kepada Cenderawasih Pos usai latihan di Lapangan PLTD Waena.

Senada dengan itu, sang kapten tim, Ian Louis Kabes juga mengaku bangga sosok Manu bisa berjuang bersama mereka untuk musim ini.

“Pemain cukup senang, siapa yang tidak kenal Imanuel Wanggai, dia punya sosok pengalaman dan kemampuan yang bisa dia bagikan kepada anak-anak dan itu kami butuhkan,” singkan Kabes.

Sementara dari latihan perdana kemarin ternyata sebagian besar dapur skuad masih dihuni wajah lama.  Sebanyak 23 pemain ikut dalam latihan ini. Wajah lama seperti Ian Kabes, Yustinus Pae, Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, Marinus Wanewar, Fridolin Yoku, Elisa Basna, Wulft Horota, Jason Armando serta beberapa wajah baru seperti Yeter Amohoso, Arodi Uapdana, Elvis Herawan, Alex Dusay dan beberapa pemain muda lainnya.

Dalam latihan ini Ricardo Salampessy langsung menggelar game internal serta mengasah finishing para pemain depan mereka. Dan meski baru kumpul, para pemain ternyata sudah melakukan latihan mandiri pada jauh-jauh hari sehingga tak heran jika dalam latihan ini para pemain langsung melakukan game internal.

“Sampai saat ini persiapan berjalan apa adanya, kita mulai latihan resmi. Sementara pemain yang kumpul ada 23 pemain. Kita masih minus 2 pemain asing dan 2 kiper yang akan segera bergabung,” ungkap Ricardo. Ricardo mengaku waktu mereka sangat singkat, tapi mereka akan tetap berusaha untuk tampil apik.

“Waktunya tidak ideal, tapi kami sudah melakukan latihan secara mandiri beberapa pekan terakhir. Tapi itu juga bukan jaminan, namun setidaknya bisa menjadi bekal untuk menghadapi kompetisi,” ujarnya.

Dia juga membeberkan bahwa pemain yang masih bertahan musim lalu itu sekira 60-70 persen. Dia masih optimis dengan skuad yang dia miliki saat ini. Sang kapten, Ian Louis Kabes juga menegaskan, meski persiapan mereka sangat singkat tapi mereka akan tetap berjuang menatap kompetisi baru.

“Persiapan memang sangat kurang, tapi kami sudah melakukan latihan mandiri 2 minggu meski resminya baru hari ini. Kita kalah, atau seri, kami tetap akan berjuang,” pungkasnya.

Bila tak aral melintang, Persipura akan melakoni laga perdana kontra tuan rumah Rans Nusantara FC pada 8 September mendatang. (eri/ade).

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version