Site icon Cenderawasih Pos

Anak Sulung Dipinang Jadi Bacawapres, Jokowi Kembalikan Keputusannya ke Gibran

Prabowo Subianto mendampingi Presiden Joko Widodo di acara puncak Hari Santri di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023). (Hanif Nashrullah/ANTARA)

JAKARTA – Prabowo Subianto menjadwalkan akan mengumumkan siapa sosok bakal cawapres di Jakatrta pada Senin (23/10). Memang sosok Gibran Rakabuming Raka santer disebut yang bakal mendampingi mantan pangkostrad tersebut. Akan tetapi, maju atau tidaknya Gibran bakal ditentukan oleh restu Joko Widodo (Jokowi).

“Insya Allah besok (Senin) deklarasi. Di Jakarta, Ibu Kota Republik Indonesia,” kata Prabowo dalam keterangannya, dilansir dari Antara, Minggu (22/10).

Prabowo tidak menginfokan secara pasti siapa sosok yang akan mendampinginya pada kontestasi Pilpres 2024 ini. Dia juga tidak menampik Gibran Rakabuming Raka selaku putra sulung Preisden Jokowi yang banyak disebut partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang menjadi wakilnya.

“Iya, anda akan melihat perkembangan partai-partai koalisi banyak sudah mencalonkan dan mengusung beliau (Gibran) dan ya nanti sore rapat ketua umum Koalisi Indonesia Maju. Rapatnya nanti sore, finalnya nanti sore,” jelasnya.

Menteri Pertahanan itu mengaku sudah mengkomunikasikan soal Gibran bakal jadi cawapres ke Presiden Jokowi. Namun, kata Prabowo menirukan ungkapan Jokowi, keputusan itu dikembalikan ke Gibran.

“Beliau bilang terserah Pak Wali (Gibran, red) kan sudah dewasa. Kalau Pak Wali bersedia ya beliau pasti tidak menahan kira-kira begitu,” terangnya.

Selain Gibran Rakabumingraka, Prabowo juga mengundang Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara pendeklarasian bacawapres tersebut.

Sebagai informasi, pendaftaran paslon bacapres dan bacawapres telah dibuka sejak 19 Oktober dan akan ditutup pada 25 Oktober 2023 mendatang.

Prabowo Subianto akan menjadi paslon terakhir yang mendeklarasikan diri sebagai bacapres sekaligus wakilnya, yang kemudian akan dilanjutkan dengan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sementara Prabowo masih baru akan mendeklarasikan wakilnya, dua rivalnya yakni Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, sudah lebih dulu mendeklarasikan pendamping sekaligus mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai paslon capres dan cawapres. (*)

Exit mobile version