Site icon Cenderawasih Pos

Perkenalkan Rukun Islam, 464 Siswa Ikut Peragaan Manasik Haji

Siswa saat mengikuti proses peragaan manasik haji yang diikuti 464 siswa dari jenjang TK, SD, MI, SMA dan MAN Yapis Cabang Kabupaten Jayapura yang berlangsung di SMA Yapis Nimbokrang, Sabtu (14/9) lalu. (foto: Priyadi/Cepos)

JAYAPURA– Sebanyak 464 siswa yang terdiri dari siswa jenjang TK, SD, MI, SMA dan MAN  dengan penuh semangat mengikuti peragaan manasik haji yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Cabang Kabupaten Jayapura bertempat di  SMA Yapis Nimbokrang, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Sabtu (14/9) lalu.

Dari 464 siswa yang mengikuti kegiatan ini berasal dari beberapa distrik yang ada di wilayah pembangunan III Kabupaten Jayapura, yakni Distrik Namblong, Distrik Nimbokran.

  Ketua Yapis Cabang Kabupaten Jayapura Slamet Riyadi, S.Pd.,M.Pd, menjelaskan, pelaksanaan peragaan manasik haji yang  diselenggarakan di lingkungan Yayasan Pendidikan Islam (YAPIS) Cabang Kabupaten Jayapura. Pelaksanaan manasik haji diikuti dari jenjang siswa TK, SD, MI, SMA dan MA.

  “Pelaksanaan manasik haji berlangsung di SMA Yapis Nimbokrang diikuti 464 siswa,  ditambah lagi pemandu manasik haji 10 orang dan didampingi sesepuh yang pernah mengikuti ibadah haji di Tanah Suci Mekah,”ungkap Slamet Riyadi, yang juga sebagai Kabid Pendidikan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura.

Dijelaskan, tujuan diadakan manasik haji juga memberikan pemahaman ilmu dasar kepada anak- anak yaitu diharapkan dapat berimbas kepada orang tua, sehingga yang sudah mampu bisa melaksanakan ibadah haji karena ada ketertarikan menjalankan rukun Islam ke lima dan tak lupa juga anak-anak bisa diperkenalkan tentang konsep haji.

Untuk menjaga kesehatan anak- anak agar tetap fit dalam mengikuti pelatihan tersebut, maka panitia bekerja sama dengan Puskesmas terdekat, termasuk kepala sekolah,  dewan guru, tokoh agama, kepala kampung, Babinsa, Kapolsek dan serta tamu undangan lainnya.

  Salah satu orang tua peserta Peragaan manasik haji dari MI Kampung Karya Bumi Besum, Distrik Namblong, Erna mengaku, sangat senang adanya kegiatan peragaan manasik haji yang sudah diselenggarakan Yapis Cabang Kabupaten Jayapura ini.

Erna mengaku, kegiatan ini hal yang sangat positif karena menambah ilmu  dan wawasan anak- anak tentang agama Islam serta tahu bagaimana menjalankan rukun Islam ke lima yakni menunaikan ibadah haji bagi yang mampu. (dil/ary)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version