Site icon Cenderawasih Pos

Percepatan dan Sinkronisasi Tol Laut dan Udara, Pj Bupati Bertemu Kemenhub

PJ Bupati Jayawijaya Dr. Sumule Tumbo, SE, MM saat melakukan pertemuan dengan Kemenhub  di Jakarta. (Dok PJ Bupati Jayawijaya for Cepos)

WAMENA –Guna mendukung Percepatan dan sikronisasi Progrm Tol Laut dan Udara untuk menekan tingkat kemahalan di Kabupaten Jayawijaya serta menjaga kestabilan inflasi daerah  Pemerintah Kabupaten Jayawijaya melakukan audiensi bersama Kementerian Perhubungan Direktorat Angkutan di Jakarta, Kamis 25 Januari 2024 kemarin.

Audiensi berlangsung di ruangan Direktorat Angkutan Udara  Kementerian Perhubungan, diikuti Penjabat (pj) Bupati Jayawijaya, Dr.Sumule Tumbo, SE, MM, Kadis Perindag Jayawijaya, Lukas Kossay bersama dengan Pelaku Usaha Pengelola Subsidi Angkutan Udara di Wamena.

PJ Bupati Jayawijaya Dr. Sumule Tumbo, SE, MM menyatakan pertemuan dilakukan guna membahas berbagai percepatan, sinkronisasi program dari tingkat kabupaten hingga pusat. Audiensi yang dilakukan merupakan bagian dari rangkaian kerja pj bupati untuk memperoleh dukungan dari pemangku kebijakan pemerintah pusat, khususnya Kementerian Perhubungan.

“Terutama berkaitan dengan kelanjutan program subsidi tol laut dan udara, guna menekan harga kebutuhan pokok yang masih sangat mahal di Wamena dan pedalaman Papua Pegunungan,”ungkapnya via selulernya.

Menurutnya,  masyarakat sangat membutuhkan program tol udara atau jembatan udara, agar harga barang kebutuhan pokok yang selama ini sangat mahal bisa diturunkan. selama ini Kementerian Perhubungan fokus memberikan subsidi penerbangan perintis ke wilayah pedalaman Papua, guna membuka isolasi.

“program jembatan udara juga sangat bermanfaat untuk menekan harga barang kebutuhan pokok di Jayawijaya dan Papua Pegunungan, namun yang lebih lagi kepada daerah –daerah terpencil yang hanya mengandalkan akses penerbangan,”jelasnya

Kata Tumbo, Program jembatan udara, saat ini sudah ada penerbangan cargo yang menang tender dengan rute Timika-Wamena. Namun pemerintah masih berkoordinasi dengan kementerian perdagangan untuk mengisi barang-barang yang akan disubsidikan.

“Intinya kami sangat mendukung program ini untuk dapat dijalankan kembali ditahun 2024 ini sebab manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat di wilayah Papua pegunungan khususnya Jayawijaya,” tutup PJ Bupati Jayawijaya. (jo)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version