Site icon Cenderawasih Pos

Intervensi Stunting, Pemkab Jayawijaya Lauching Program BAAS

PJ Bupati Jayawijaya Thony M Mayor S.Pd, MM didampingi PJ Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jayawijaya Ny Meitty Mayor memberikan imunisasi Polio kepada anak -anak di Distrik Asologaima dalam melauncing Program BAAS Rabu (4/9) kemarin. (foto:Denny/ Cepos)

WAMENA – Pemkab Jayawijaya resmi melaunching Program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) di Distrik Asologaima yang akan mulai diterapkan diwilayah tersebut yang melibatkan pemerintah daerah dan OPD terkait, program ini juga dilakukan sebagai aksi intervensi dalam upaya pemerintah menurunkan angkan stunting.

PJ Bupati Jayawijaya Thony M Mayor S.Pd, MM menyatakan diketahui bersama bahwa masalah stunting, kemiskinan ekstrim adalah isu yang selama ini didengar dan pemerintah selalu mengimbau supaya bagaimana melakukan upaya penurunan terutama untuk masalah stunting.

“Jadi kita harus menjaga anak -anak  dari lahir, dan pertumbuhannya harus dilihat bagaimana tumbuh kembangnya agar anak -anak generasi penerus ini bisa tumbuh sehat dan kuat, karena mereka yang akan menggantikan kita kedepannya,”ungkapnya usai melauncing Program BAAS Rabu (4/9) di Distrik Asologaima.

Menurutnya, pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten dan semua yang berkepentingan di wilayah ini memiliki tugas yang sama dalam melihat permasalahan stunting terhadap anak -anak di wilayah ini, tidak hanya untuk kesehatan namun juga dari bidang Pendidikan agar anak -anak ini bisa bersekolah dan tumbuh dengan kualitas yang baik.

Thony Mayor juga menegaskan agar OPD jangan menganggarkan anggaran untuk satu program hanya untuk mengejar keuntungan, untuk dana otsus saat ini pihaknya telah menegaskan 80 persen harus diterima oleh pemerima manfaat, jangan digunakan untuk perjalanan dinas, dan masyarakat yang banyak ini hanya mendapatkan porsi kecil sehingga menimbulkan rasa kecewa.

Di tempat yang sama PJ Ketua PKK Jayawijaya Ny Meitty Mayor menyatakan dukungan PKK Kabupaten dalam melakukan upaya penurunan stunting dan imunisasi maka PKK akan selalu mendampingi dan melakukan pengawasan yang akan dilaksanakan sesuai dengan juknis yang ada

“Hari ini ada makanan tambahan yang disiapkan oleh PKK untuk anak -anak di distrik Asologaima, sementara program ini akan berlanjut di setiap distrik yang terdampak dengan masalah stunting artinya akan disama ratakan semua dan tak ada perbedaan,”bebernya.

Ia juga menekankan untuk anak yang masuk dalam pantauan atau yang diasuh oleh PKK Jayawijaya berjumlah 40-an anak dan mereka semua ada di kota Wamena, sehingga akan lebih meringkankan tugas PKK untuk melakukan pengawasan dalam jangka waktu 90 hari ke depan. (jo/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version