Site icon Cenderawasih Pos

Dekranasda Papua Pegunungan Raih Penghargaan Karya Kriya Potensial Terbaik

Pj. Ketua Dekransda Papua Pegunungan Ny, Herwin M. Wanggai menerima penghargaan juara ke 2 Karya Kriya Potensial kategori serat alam Lampu Honai Noken di Jakarta pekan lalu.(foto:dok Kominfo Papua Pegunungan)

WAMENA – Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) memberikan penghargaan bergengsi kepada Dekranasda Papua Pegunungan atas karya kriya potensial terbaik dalam kategori serat alam. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas keunggulan dan inovasi dalam penggunaan serat alam dalam karya seni dan kerajinan.

Dekranasda Papua Pegunungan berhasil menarik perhatian juri dengan kemampuan mereka dalam mengolah serat alam menjadi karya-karya yang memukau dan unik yaitu  Lampu Honai Noken. kerajinan ini menjadi Pemenang Ke-2 pada kategori Serat Alam.

Selain lampu honai noken yang unik ini, Dekranasda Kabupaten Jayawijaya  juga meraih penghargaan patung kriya terbaik dan menjadi pemenang ke-2  dari ukiran patung pengintai perang. Melalui perpaduan kreativitas, keahlian, dan nilai-nilai tradisional, Papua Pegunungan telah menghasilkan karya-karya yang tidak hanya memukau namun juga mempromosikan kekayaan alam dan budaya Papua Pegunungan.

Pj. Ketua Dekransda Papua Pegunungan Ny, Herwin M. Wanggai mengakui jika, pihaknya sangat bersyukur dan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Dewan Kerajinan Nasional. Dekranasda Papua Pegunungan akan terus berkomitmen untuk terus mengembangkan bakat dan menginspirasi generasi mendatang untuk melestarikan warisan seni dan kerajinan tradisional.

“Penghargaan ini juga menjadi bukti bahwa karya-karya lokal Indonesia khususnya Karya Kriya dari Papua Pegunungan juga memiliki potensi untuk bersaing di tingkat nasional dan bahkan internasional.”ungkapnya Selasa (3/9) di Wamena.

Ia juga mengharapkan prestasi Dekranasda Papua Pegunungan menjadi inspirasi bagi komunitas seni dan kerajinan lainnya untuk terus berkembang dan menghasilkan karya-karya berkualitas tinggi dan unik untuk bisa bersaing dengan prodak-produk yang dihasilkan di daerah lain.

“Tentunya dengan prestasi ini kami Dekranasda Papua Pegunungan berkomitmen untuk lebih lagi mengembangkan diri dalam kreatifitas untuk menghasilkan prodak – prodak lokal yang menatik dan unik guna meningkatkan perekonomian masyarakat,”kata Herwin Wanggai

Herwin juga berpesan agar, dengan adanya 2 penghargaan yang diberikan kepada Dekranasda Papua Pegunungan, tentunya ini menjadi bukti nyata jika produk yang dihasilkan dari wilayah ini tidak kalah bersaing dengan dengan daerah lain, yang terpenting saat ini bisa terus meningkatkan kreatifitas dari pengrajing untuk terus berinovasi menghasilkan prodak yang berkualitas dan bernilai ekonomis.(jo/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version