Site icon Cenderawasih Pos

Dihantam Ombak, Longboat Berpenumpang 13 Orang Terbalik

Ilustrasi koordinat pencarian tim SAR Mimika. (Foto/Istimewa)

MIMIKA – Sebuah perahu panjang 40 PK POB berpenumpang 13 orang dilaporkan terbalik di perairan Ararau, Muara Iruwa, Distrik Mimika Barat Jauh, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Rabu (31/7).  Kejadian ini dilaporkan oleh Kapolsek Potowaiburu, Ipda Yani ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, pada Rabu sore.

   Hal tersebut dibenarkan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, I Wayan Sutayana dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/7) malam. 

I Wayan menjelaskan, menurut laporan bahwa pada Rabu siang sekitar pukul 13.00 WIT, longboat tersebut berangkat dari Timika tujuan Potowaiburu, Distrik Mimika Barat Jauh dengan perkiraan waktu sekira 6 jam perjalanan.

   Namun, sesampainya di perairan Ararau, mendekati  tiba-tiba longboat ini dihantam ombak besar, hingga membuat perahu panjang ini terbalik bersama 13 penumpang yang ada di atas perahu itu.

  “Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika Rabu sore menerima laporan dari Ipda Muhyani (Kapolsek Potowaiburu) bahwa pada Rabu siang sekitar pukul 13:00 (WIT) ada sebuah long boat 40 PK POB 13 orang dihantam ombak di perairan Ararauw sekitar muara Irwa, Distrik Potowaiburu Kabupaten Mimika,” tulis I Wayan.

  I Wayan menyebutkan, atas insiden tersebut 8 orang berhasil selamat, 3 orang meninggal dunia sementara dua orang lainnya yang merupakan anggota Polri dan karyawan swasta atas nama Aipda Gunawan Wibisono (anggota Brimob) dan Eko Agus Prayitno (Karyawan PT MAK) belum ditemukan.

   I Wayan melanjutkan, usai menerima laporan, ia memerintahkan personelnya untuk berkoordinasi dengan potensi SAR terkait, untuk bersiap melakukan pencarian korban. Tim SAR juga telah memetakan titik-titik koordinat pencarian, di sekitar lokasi longboat naas yang terbalik.

“Dikarenakan kondisi sudah malam pencarian akan dilakukan besok pagi pukul 05:00 WIT,” pungkasnya. (mww/tri)

Data Grafis

Kecelakaan Laut

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version