Site icon Cenderawasih Pos

Thom Haye Dilaporkan Bakal Kembali ke NAC Breda, Usai Bela Timnas Indonesia

Thom Haye jadi salah satu pemain nomor 10 paling moncer di Timnas Indonesia dan Liga Belanda. (Instagram/@thomhaye)

JAKARTA– Thom Haye sampai saat ini belum menentukan masa depannya setelah resmi berpisah dengan SC Heerenveen pada 1 Juli 2024 lalu.

Namun gelandang berusia 29 tahun itu dilaporkan bakal segera bergabung dengan klub Eredivisie lain, NAC Breda. Selepas membela Timnas Indonesia pada putaran ketiga Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kabar itu diungkapkan oleh jurnalis olahraga asal Belanda, Joost Blaauwhof, melalui akun media sosial X (Twitter) pribadinya, Senin (2/9) malam waktu setempat. Dia menyebut Thom Haye kini tengah menjalin komunikasi dengan NAC Breda.

“NAC sedang dalam pembicaraan dengan Thom Haye. Gelandang tanpa klub tersebut kini sedang menjalani laga internasional, tetapi saat kembali bisa menuju Stadion Rat Verlegh (markas klub NAC Breda),” tulis Blaauwhof, yang merupakan bagian dari media Voetbal International.

Peluang Thom Haye merapat ke NAC Breda pun disebut Blaauwhof sangat besar. Dia mengklaim sumber orang dalam terdekat sudah mengonfirmasi kabar tersebut.

“Sang pemain sendiri menginginkannya, tetapi harus ada ruang terlebih dahulu,” kata Blaauwhof menambahkan.

Peluang itu memang bukan sesuatu yang tidak mungkin. Berdasarkan laporan media Belanda NOS, klub yang berkompetisi di Eredivisie maupun Eerste Divisie masih bisa merekrut pemain yang berstatus tanpa klub. Meski bursa transfer Liga Belanda sudah ditutup pada 2 September lalu.

Selain itu, NAC Breda juga bukanlah klub yang asing bagi Thom Haye. Pasalnya, gelandang yang kerap dijuluki sang profesor tersebut sebelumnya pernah membela tim promosi itu selama dua musim.

Tepatnya pada musim 2020-2022, di mana Thom Haye bermain sebanyak 61 pertandingan dan mencetak delapan gol.

Sejak berstatus tanpa klub pada awal Juli lalu, Thom Haye sebenarnya diminati oleh banyak klub. Bahkan setidaknya ada dua tim yang sudah memberikan tawaran kepada sang gelandang.

Pertama adalah Fortuna Sittard, penghuni papan tengah Eredivisie 2023/2024. Pemain Indonesia lain, Ragnar Oratmangoen juga menjadi bagian dari klub tersebut pada musim lalu dengan status pinjaman dari Groningen.

Tapi, Thom Haye menolak tawaran Fortuna Sittard karena dikabarkan ingin mencoba petualangan baru di luar Belanda. Tawaran lain pun datang dari tanah Inggris, Oxford United FC yang merupakan klub promosi EFL Championship 2024/2025.

Kebetulan, Oxford United FC saat ini dimiliki oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan pengusaha Indonesia lain, Anindya Bakrie. Klub yang musim lalu berkompetisi di EFL League One itu juga kini sudah memiliki pemain Indonesia, yakni Marselino Ferdinan.

Namun kepindahan Thom Haye ke Oxford United FC juga tidak terwujud karena pemain yang bersangkutan menolak.

Status tanpa klub pun masih disandang oleh pemain kelahiran Amsterdam, Belanda tersebut sepanjang kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bersama Timnas Indonesia. (*)

SUMBER: JAWAPOS

Exit mobile version