Site icon Cenderawasih Pos

Akan Pasang CCTV dan Hydrant  di Lingkungan Kantor

Hana S. Hikoyabi (FOTO:Priyadi/Cepos)

SENTANI-Sekda Kabupaten Jayapura Hana S.Hikoyabi menjelaskan, peristiwa kebakaran beruntun yang terjadi di lingkungan Kantor Pemkab Jayapura tidak boleh terulang kembali, sehingga Sekda mengingatkan OPD supaya bisa lebih berhati-hati menjaga kantornya,  dengan cara memasang hydrant dititik yang dianggap rawan dan mengantisipasi keamanan dengan memasang CCTV.

Untuk kesiapan Pemkab Jayapura jika terjadi kebakaran di lingkungan Kantor Pemkab Jayapura, maka di Kantor Bupati Jayapura nanti akan dipasang hydrant di beberapa titik,  supaya suatu saat jika terjadi kebakaran tidak perlu lagi cari air sampai berjam- jam.

“Tahun 2024 kita anggarkan untuk pemasangan hyidrant  di beberapa titik kantor Bupati Jayapura, karena beberapa kali peristiwa kebakaran di komplek perkantoran Bupati Jayapura sering kali terkendala lambatnya armada Damkar dalam mengisi air. Kita akan pasang hydrant di beberapa titik,  jika ada musibah kebakaran, Damkar bisa langsung ambil air di hydrant yang sudah dipasang,”ungkapnya, Jumat (3/11) kemarin.

Selain memasang hydrant  di lingkungan Pemkab Jayapura, Sekda juga akan membuat  3 bak besar  di kompleks perkantoran Kantor Kabupaten Jayapura dan meminta supir Damkar maupun personel selalu standby. BPBD harus bisa  mengatur pasukan untuk selalu siaga peralatan dan lainnya.

“Saya juga lakukan evaluasi terhadap BPBD yang membawahi Bidang Satpol PP Kabupaten Jayapura. Jangan BPBD hanya urus pasar saja dan proyek lainnya, tapi juga perhatikan skill dan kinerja personel di Damkar dan Sarpras apa saja yang dibutuhkan, sehingga  bisa bekerja optimal,”ucapnya.

Diakui, peristiwa kebakaran beruntun ini begitu hebat dan kerugian materil tentu sangat besar,  sehingga OPD yang kantornya terbakar diminta segera menginventarisir barang yang terbakar dan lainnya, supaya ada pendataan dan nilai nominal kerugiannya.

Selain itu, pihaknya juga meminta masyarakat untuk tidak berspekulasi membuat opini soal peristiwa kebakaran, karena ini menjadi ranahnya polisi dalam mengungkapkan kejadian dan diharapkan pihak kepolisian bisa mengungkap apa dibalik semua ini. Supaya publik tidak bertanya tanya dan membuat opini sendiri.(dil/ary)

Exit mobile version