Site icon Cenderawasih Pos

TMMD Wujudkan ‘Mimpi’ Warga Kampung Po Epe 

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, Pj Gubernur Papua  Selatan Apolo Safanpo, Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo dan Bupati Merauke Romanus Mbaraka saat meninjau salah satu dari 4 sumur yang dibangun  di TMMD ke-119 di Kampung Po Epe (foto:Ist/Cepos)

MERAUKE– Suara ayam berkokok di pagi hari serta matahari pagi yang cerah membangunkan Seblum Masfayen dari tidur lelapnya. Lelaki berusia 38 tahun dengan satu anak itu segera beranjak dari tempat tidurnya dan bersiap melakukan aktifitasnya sehari-hari.

Hal pertama yang ia lakukan ialah menyiapkan kebutuhan air bersih untuk keluarganya yang diambil dari sumur di kampung yang letaknya tidak terlalu jauh sekitar 50 meter dari rumahnya.

Tak jarang para penduduk kampung harus mengantri dahulu untuk bisa mendapatkan air bersih karena keterbatasan jumlah sumur yang ada di Kampung Po Epe, Distrik Ngguti, Kabupaten Merauke.

“Sebelum ada sumur, kami membuat galian di dekat rumah untuk mendapatkan air, tanpa pondasi sehingga sering longsor dan tertimbun tanah yang membuat air jadi kotor,” tutur Seblum Masfayen.

Kampung yang terletak di pedalaman Provinsi Papua Selatan ini sangat jauh dari wilayah perkotaan dengan kondisi jalan yang sangat sulit untuk dijangkau membuat harga material bahan bangunan serta kebutuhan bahan pokon lainnya sangat mahal.

Berkaca dari kondisi perekonomian masyarakat Kampung Po Epe yang tergolong kurang mampu, membuat harapan masyarakat untuk memiliki sumur sebagai sumber air bersih dan sanitasi yang baik dirasa tak mungkin lagi bagi warga Kampung Po Epe.

Untuk menuju Kampung Po Epe dapat ditempuh melalui 3 (tiga) jalur yaitu melalui jalur darat, jalur udara dan dan jalur laut/sungai. Apabila kondisi jalan rusak untuk untuk menuju kampung Po Epe dapat memakan waktu 2 (dua) hari perjalanan.

     Program TNI Manunggal Mambangun Desa (TMMD) Ke-119 Kodim 1707/Merauke seolah menjawab semua harapan Masyarakat Kampung Po Epe yang selama ini diidamkan.

Setelah menunggu selama 4 tahun sejak dibangunnya 2 unit sumur terakhir pada tahun 2020 melalui Dana Kampung, pada akhirnya Bapak Seblum Masfayen beserta 391 penduduk Kampung Po Epe bisa menikmati Air Bersih dan MCK yang Layak melalui Program TMMD.

TMMD Ke-119 Kodim 1707/Merauke yang dilaksanakan di Kampung Po Epe dinilai telah tepat sasaran dan memenuhi harapan masyarakat serta sangat membantu Pemerintah Daerah untuk mempercepat pembangunan hingga ditingkat pelosok kampung.

Sedikitnya, melalui Program TMMD Ke-119 Tahun 2024 Kodim 1707/Merauke di Kampung Po Epe akan dibangun 20 unit kamar mandi/WC serta 4 unit sumur galian untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan sanitasi yang sehat bagi warga Kampung Po Epe sehingga tidak perlu lagi harus berjalan jauh mengambil air dari Sungai/Kali Buraka yang tidak terjamin kebersihannya.

Bupati Merauke Drs. Romanus Mbaraka, MT, mengatakan, pemerintah punya alasan memilih bangun MCK di wilayah itu karena di Distrik Ngguti ini masih ditemukan banyak masalah stunting. Sehingga, fasilitas dasar yang harus menjadi atensi utama yakni MCK dan Sumur.

“Selama ini masyarakat kita ambil airnya dari Kali Buraka, bagaimana kalau dengan sumur gali, kita arahkan agar airnya bisa steril,” beber orang nomor satu di jajaran Pemda Merauke itu.

Ngguti merupakan daerah yang dirasa sangat sulit untuk dilalui transportasi darat karena kondisi jalan yang sangat buruk. Harapannya, dengan masuknya TMMD di wilayah itu, nantinya infrastruktur jalan ke depan menjadi atensi pemerintah.

“Karena jalan yang menghubungkan Merauke dan Mappi satu-satunya lewat Po Epe Ngguti ini. Kalau ini terbuka, berarti akses yang selama ini kita rasa sulit, akan terhubung semua,” jelasnya.

Bupati Merauke mengajak masyarakat untuk mendukung dan sekaligus berpartisipasi bersama Personil TMMD, sebab kegiatan ini merupakan kolaborasi antara TNI, Pemerintah bersama Rakyat. (Pendim 1707/MRK/ulo)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version