Site icon Cenderawasih Pos

Selundupkan BBM dan Ganja, Empat Warga PNG Diamankan

Empat pria asal PNG saat  diamankan tim Satrol Lantamal X Jayapura pada Kamis (28/3). Aparat menduga jika keempatnya melupakan pelintas batas illegal. (foto:Gamel/Cepos)

JAYAPURA – Empat warga Papua New Guinea (PNG) masing – masing SO, TS, AO dan BT terpaksa berurusan dengan aparat TNI AL setelah dilakukan penyergapan usai dicurigai melakukan lintas batas yang tidak sesuai prosedur.

  Tim X Quick Respon yang diturunkan membackup tim Posal Skow akhirnya berhasil menghentikan laju speedboat yang ditumpangi empat pria asal PNG tersebut dan dilakukan penggeledahan.

Hasilnya ditemukan 5 gen yang berisi 175 liter BBM. Setelah itu dilakukan penggeledahan dan ditemukan ganja kering seberat 2,8 gram. Usai dimintai keterangan singkat, tersangka dan barang bukti  dilimpahkan ke pihak keimigrasian.

“Keempat orang ini kami tangkap pada Rabu (27/3) sekira pukul 10.35 WIT saat  anggota kami menggelar operasi rutin perbatasan,” kata Dansatrol, Letkol Pelaut Obet kepada wartawan di Mako Satrol Jayapura, Kamis (28/3).

   Obet menjelaskan bahwa pada patok perbatasan laut antara RI dan PNG tim Posal Skow memonitor adanya perintas batas 1 speedboat dari Skow Yambe. Lalu dilakukan pengejaran dan penyelidikan kemudian Posal menghubungi Satrol untuk perkuatan untuk penindakan.

“Kamipun mengirimkan 1 tim X Quick Respon ke Posal dan mengamankan 1 speed dan 4 WNA,” beber Letkol Obet.

   Setelah itu setelah dicek kartu pelintas batas ternyata hanya 3 orang yang memiliki sedangkan 1 lagi tanpa identitas.   “Kami periksa lebih lanjut ditemukan ganja,” tambahnya.

   Disini Letkol Obet menyebut soal bahan bakar patut diduga adalah barang yang diselundupkan sedangkan narkoba jelas bertentangan dengan undang – undang.

“Yang pasti segala bentuk tindak pidana di wilayah perbatasan kami siap menindak, sebab bisa saya katakan bahwa saat ini Papua darurat narkoba sehingga harus benar – benar diperangi,” tutupnya.

  Usai menggelar press rilis, keempat WNA ini beserta barang buktinya langsung dilimpahkan penanganannya ke keimigrasian. (ade/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version