Site icon Cenderawasih Pos

Penyusunan Publikasi Berbasis Data, BPS Gandeng  Pemkab Jayawijaya

Focused Group Discussion yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik Bersama Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayawijaya di salah satu hotel di Wamena, Rabu (6/3). (FOTO:Denny/ Cepos)

WAMENA  Badan Pusat Statistik (BPS) Jayawijaya bersama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayawijaya Bersama menggelar Focused Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan publikasi kabupaten Jayawijaya dalam angka dan evaluasi penyelengaraan statistik sektoral 2024 yang dibutuhkan oleh pemerintah dengan tujuan agar ada sinkronisasi data dari kedua pihak.

Penjabat Bupati Jayawijaya, Sumule Tumbo dalam sambutannya yang  bacakan Asisten I Setda Jayawijaya, Drs. Tinggal Wusono, MAP mengatakan publikasi dalam angka merupakan sumber informasi penting bagi berbagai pihak, baik pemerintah, akademisi, pelaku bisnis maupun masyarakat umum.

“Publikasi memuat data dan informasi statistik yang menggambarkan kondisi sosial, ekonomi, dan pembagunan di kabupaten Jayawijaya, dan ini sangat dibutuhkan oleh pemerintah dalam menyusun program kerja,” ungkapnya  di pembukaan FGD, Rabu (6/3) di hotel Grand Baliem Wamena.

Menurutnya, data dan informasi yang akurat dan terkini sangat diperlukan untuk mendukung proses pengambilan kebijakan yang tepat sasaran dan afektif oleh pemerintah, Untuk itu diharapkan lewat  FGD ini dapat menghasilkan publikasi berkualitas dan dapat diakses dengan mudah oleh semua pihak.

“data-data sektoral memang menjadi fokus kepentingan pemerintah daerah. Dengan adanya diskusi tersebut, bagaimana membangun persepsi pemerintah daerah dengan BPS bagaimana menghasilkan data secara baik dan akurat.”jelasnya

Secara terpisah Kepala Sub Bagian Umum BPS Jayawijaya, Maria Erdina Ohoitmur menambahkan FGD dilakukan untuk menyamakan data antara statistik dan pemerintah Kabupaten Jayawijaya disinkronkan dengan data-data di setiap OPD.

“Jadi, apa yang kami telah kumpulkan mungkin ada yang berbeda datanya di setiap instansi, makanya dilakukan penyamaan data yang dibutuhkan,” tutupnya. (jo)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version