Site icon Cenderawasih Pos

Penuhi Panggilan Pemprov, Telkom Beberkan Sejumlah Langkah Tingkatkan Layanan

Pj Gubernur Papua Selatan Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST, MT, saat memimpin pertemuan dengan GM Witel Telkom Papua Antonius J Sritomo dan Forkopimda serta mahasiswa terkait dengan hilangnya jaringan internet Telkom di Merauke sejak 4 Januari 2024 di Kantor Gubernur Papua Selatan,  Rabu (17/01/2024)  (FOTO:  Sulo/Cepos)

MERAUKE– Pihak Telkom memenuhi panggilan Pemerintah Provinsi Papua Selatan terkait dengan putusnya jaringan internet di  Kabupaten Merauke sejak 4 Januari 2024 lalu di Kantor  Gubernur Papua Selatan, Rabu (17/01/2024).

Panggilan terhadap Telkom tersebut sesuai dengan janji PJ Gubernur Papua Selatan terhadap mahasiswa Unmus yang melakukan aksi demo damai di  Kantor Gubernur Papua Selatan sehari sebelumnya.   

Diharapan Pj Gubernur Papua Selatan Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST, MT dan Forkopimda Papua Selatan yang juga dihadiri Rektor Unmus dan BEM Unmus, GM Witel Telkom Papua Antonius J Sritomo menjelaskan bahwa pihaknya terus menambah  benwith internet tersebut dengan mendatangkan peralatan yang diperlukan untuk melakukan instalasi satelit yang dimiliki oleh starlink. 

‘’Secara bertahap dari 600 MB kemudian ditambah 300 MB lalu kita memanfaatkan starlink, sehingga pada hari ini, Rabu 17 Januari 2024, total benwith yang sudah kita sediakan sebesr 6 GB satelit ditambah 1,2 GB  backupan dari Palapa Ring Timur, sehingga total benwith yang kita sediakan sebanyak 7,2 GB,’’ kata  Antonius Sritomo.

  Dengan jumlah benwith yang disediakan tersebut, maka untuk voice dan SMS masih bisa digunakan. Sedangkan untuk layanan berbasis WA, lanjut dia, dari 155 titik BTS 4G yang ada di Merauke, yang sudah diaktifkan sebanyak 50 BTS. Namun diakui Antonius Sritomo bahwa pengguna seluler di Merauke sangat tinggi.

Sehingga benwith 7,2 GB yang saat ini disediakan baru mampu memenuhi 15 persen kebutuhan. Sebab, di masa beban puncak di Merauke, jumlah benwith yang dibutuhkan sebanyak 64 GB. Sementara di waktu biasa atau bukan puncak, benwith yang diperlukan sekitar 44 GB.

Karena itu, lanjut dia, ada  beberapa titik yang diperkuat, baik di kantor pemerintahan, kemudian pangkalan Ojol, UMKM, termasuk di Unmus dan beberapa  tempat layanan umum.

  Pada kesempatan itu,  Antonius  juga memperlihatkan beberapa foto dari kejadian putusnya jaringan kabel optik beberapa waktu lalu yang menurut dia diduga karena adanya aktivitas perikanan. Dimana  lokasi putusnya kabel optik yang sudah terjadi beberapoa kali itu, berada di sekitar  lokasi tersebut antara 90 km dari Merauke sampai 150 km dari Merauke arah Timika atau  dibawah sekitar Pulau Kimam.

Perbaikan kabel optik itu sendiri diperkirakan akan selesai pada 6-8 Februari  2023. Karena saat ini kapal DNEX Pacific Link yang akan memperbaiki kabel tersebut baru bergerak dari Pontianak, Kalbar menuju Makassar untuk mengurus perizinan dan seluruh yang dibutuhkan termasuk kabel pengganti. 

Pada kesempatan tersebut berbagai masukan disampaikan baik dari Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo maupun dari Forkopimda dan perwakilan mahasiswa tersebut. (ulo)   

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version