Site icon Cenderawasih Pos

Uncen Kampus Biak Bersama LMA dan Dewan Adat Byak Gelar Public Lecture

Tampak suasana public lecturer di Kantor Dewan Adat Byak sedang berlangsung

BIAK – Universitas Cenderawasih Jayapura, Kampus Byak bekerjasama dengan Tim Konsultasi dan Advokasi Hukum dan HAM Masyarakat Adat Byak yang dibentuk Lembaga Masyarakat Adat ( LMA ) dan Dewat Adat Byak menggelar public lecturer di Kantor Dewan Adat Byak, Sabtu,(16/12).

Public Lecture tersebut di hadiri oleh perwakilan Kapolres Biak Numfor, Perwakilan Komisioner KPU dan Bawaslu Biak Numfor, para pimpinan partai politik dan calon anggota DPRD Biak Numfor, perwakilan tokoh pemuda, perempuan, partai politik, mahasiswa serta masyarakat umum lainnya.

Public Lecture itu di gelar dengan tajuk Otonomi Khusus ( Otsus ) dan pemenuhan hak politik orang asli Papua ( Suku Byak ) menuju Pemilu 2024 dengan narasumber utama Laus D.C. Rumayom, S.Sos, M.Si Dosen Hubungan Internasional, Universitas Cenderawasih Jayapura

Ketua LMA Kabupaten Biak Numfor, David Rumansara mengatakan, public lucturer yang digagas oleh Universitas Cenderawasih Jayapura bersama LMA Biak Numfor dan Dewan Adat Byak tersebut disudahi dengan menyepakati dua hal utama yang perlu dilakukan oleh masyarakat nusantara dan masyarakat asli Papua agar implementasi Otsus Jilid 2 di Papua berhasil atau tidak gagal.

“Dua hal itu, pertama, hak politik orang asli Papua dalam mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD kabupaten / kota dan provinsi harus di jamin sesuai pemberlakuan Otsus di ProvinsI Papua,”ujarnya.

“Kedua setiap orang asli Papua wajib memilih orang asli Papua yang mencalon diri sebagai calon anggota DPRD kabupaten / kota dan Papua dan orang non Papua wajib memilih orang asli Papua yang mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD kabupaten/ kota dan Papua,”lanjutnya.

Dua hal tersebut kata bila dilakukan maka pemberlakukan Otsus jilid 2 dapat berhasil di implementasikan di Papua.

“Rapat lanjutan LMA Biak Numfor dan Dewan Adat Byak bersama Pemda, paguyuban-paguyuban nusantara di Biak dan pihak penyelenggara Pemilu 2024 untuk matangkan hasil pertemuan hari ini akan berlanjut sesuai undanganberikutnya,”ungkapnya. (ren )

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version