Site icon Cenderawasih Pos

Di Abepura, Delapan Ruko  Terbakar

Kondisi bagian dalam ruko yang terbakar usai dipadamkan pada kebakaran Minggu (14/1) pagi di depan Kantor Pos Abepura. Bangunan ruko diharapkan memiliki alat pemadam api ringan termasuk tangga darurat. (Humas Polresta)

JAYAPURA – Musibah  kebakaran nampaknya masih menghantui warga Kota Jayapura. Dalam setiap pekan bisa dipastikan ada saja kebakaran yang terjadi. Yang terbaru adalah sebanyak delapan ruko di Jl Sentani Abepura tepatnya di depan Kantor Pos Abepura yang Ahad (14/1)  terbakar.

Kejadian ini mencatat bahwa dalam dua minggu terakhir kebakaran selalu terjadi di hari Minggu. Hanya untungnya kejadian ini bisa segera ditindaklanjuti unit Damkar Kota dibantu pihak Brimob yang menurunkan 2 unit AWC sehingga api bisa segera dipadamkan. Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.

Kejadian kebakaran ruko ini terjadi sekira pukul 07.58 WIT dan api awalnya dikatakan terlihat dari api berawal dari Ruko Bless Fashion yang menjual pakaian. 

“Menurut saksi asap tebal muncul dari lantai 2 toko tersebut, dan segera menghubungi warga lainnya menghubungi pihak damkar. Kami sendiri menurunkan 6 unit mobil damkar,” jelas Kabid Damkar Kota Jayapura, Feronita S Kirana usai pemadaman.

Diakui dengan kondisi asap yang tebal cukup menyulitkan petugas sehingga ada upaya pembongkaran paksa terhadap beberapa titik jendela dan kaca untuk memudahkan sirkulasi udara dan mempermudah operasi pemadaman.

“Selain itu di ruko ini tidak ada akses pintu darurat sehingga menyulitkan pihak damkar untuk melakukan pemadaman karena asap tebal telah menutup jarak pandang dan pernapasan petugas.

Segala daya dilakukan termasuk dengan pembongkaran paksa terhadap titik-titik yang dianggap harus dibongkar,” tambahnya.

Feronita menambahkan bahwa ruko yang terdampak adalah 2 ruko milik M.Aksan,  1 ruko milik H.Darwis, 2 ruko milik H Hamzah , 1 ruko milik Madani,  1 kantor badan penelitian independen dan 1 ruko toko pakaian.

Api sendiri akhirnya dipadamkan pukul 09.45 WIT dan dilanjutkan dengan pembasahan. Kapolsek Abepura, AKP Soeparmanto   menjelaskan bahwa Pukul 07.54 WIT, Pada saat Hernita sedang berada dikost yang berada di belakang toko Citra Abepura ia mendapat telepon dari tetangga bahwa  rukonya terbakar.

Setelah dicek ternyata betul  lantai 2 keluar asap dari jendela sebelah kiri di lantai. Iapun menghubungi adik dari pemilik toko pakaian Bless Fashion  dan tak lama keduanya sama – sama mengevakuasi barang – barang.

“Keterangan saksi menyebut api berasal dari lantai 2 dan untungnya mobil pemadam juga cepat datang,” imbuh Soeparmanto.

Pihaknya kemudian mengamankan TKP dan membantu warga atau pemilik ruko memindahkan barang-barang ke tempat yang lebih aman.

“Sekira pukul 10. 00 WIT api berhasil dipadamkan sehingga lantai 1  dan 5 unit ruko yang berada tepat di samping toko Belss Fashion tidak  terbakar,” tutup Soeparmanto.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, hanya kerugian materil yang diperkirakan
Myliaran Rupiah.
Sementara itu Kabid Damkar Kota Jayapura Margareta V. Kirana, menyampaikan respon atas priswita tersebut, pihaknya menurunkan 6 armada yang terdiri dari 4 unit Water Cannon, Pompa, 2 unit Water Suplay, kemudian dibantu 2 unit AWC, milik Polresta Jayapura dan Brimob Papua, serta di 1 unit mobil tangki air milik PDAM Kota Jayapura.

“Saat proses pemadaman, kami cukup terkendala, karena ruko ruko tersebut tidak memiliki akses masuk darurat, sehingga proses pemadaman api memakan waktu hingga kurang lebih 2 jam,” ujarnya.

Adapun obyek yang terbakar kata Veronika, sebanyak 1 unit bangunan Toko Bless, sementara itu bangunan yang termdampak sebanyak 7 unit, dengan masing masing pemiilik atau pengelolah diantaranya. Rinciannya, Toko milik Hernita Kate (Toko Bless)

Ruko milik M. Aksen 2 unit, Ruko milik H. Darwis 1 unit, Ruko milik  H.Hamzah 2 unit.
Ruuko milik Madeni 1 unit. Kantor Badan Penelituan Independen Kekayaan Penyelenggaraan Negara dan Pengawasan Keuangan Provinsi Papua. (ade/rel)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version