Site icon Cenderawasih Pos

Fientje Suebu Dubes Perempuan Papua Pertama

Presiden Joko Widodo melantik tiga duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (dubes LBBP) untuk negara sahabat pada Rabu, 12 Januari 2022, di Istana Negara, Jakarta. Adapun tiga nama dubes LBBP RI yakni Sunarko, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Sudan, berkedudukan di Khartoum, Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau, berkedudukan di Manila, serta Fientje Maritje Suebu, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook, dan Niue, berkedudukan di Wellington.--FOTO : RUSMAN/SETPRES

Dilantik Jokowi Sebagai Dubes Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga Kepulauan cook dan Niue

JAKARTA – Presiden Joko Widodo kemarin (12/1) melantik tiga duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP). Salah satu dari mereka, Fientje Maritje Suebu merupakan perempuan Papua pertama yang diangkat menjadi duta besar.

Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg Nanik Purwanti kemarin membacakan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 4P/2022 Tentang Pengangkatan Duta Besar LBBP. “Satu, Sunarko untuk Republik Sudan berkedudukan di Khartum, kedua Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo untuk Republik Filipina, merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau berkedudukan di Manila, ketiga Fientje Maritje Suebu untuk Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga Kepulauan cook dan Niue,” ujarnya.

Jokowi sudah meneken keputusan ini pada 11 Januari lalu. Pada pelantikan tiga duta besar kemarin, pengambilan sumpah dan janji dipimpin langsung oleh Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Yang menjadi perhatian adalah dilantiknya Fientje. Perempuan kelahiran Sentani ini merupakan duta besar perempuan pertama yang berasal dari Papua. Dia sudah 31 tahun berkarir di Kementerian Luar Negeri.

Sementara Agus Widjojo merupakan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional. Lalu Sunarko sebelumnya menjabat sebagai Danjen Kopasus.  (lyn/JPG)

Exit mobile version