Site icon Cenderawasih Pos

Segera Evaluasi Terakhir  APBD 2023

Pj. Sekda Kota Jayapura, Robby Kepas Awi

JAYAPURA– Pemerintah Kota Jayapura sudah mengagendakan jadwal pelaksanaan kegiatan monitoring meja yang ketiga untuk APBD induk maupun APBD Perubahan.  “Kita rencanakan Monitoring evaluasi pekerjaan 2023 baik induk dan APBD Perubahan, itu akan dilaksanakan besok,” kata Robby Kepas Awi, Selasa (12/12).

  Sehubungan dengan evaluasi monitoring meja yang ketiga itu, dia berharap agar realisasi capaian penyerapan anggaran maupun fisik di Pemkot Jayapura sudah harus mencapai 97%. Karena memang batas waktu untuk kegiatan-kegiatan fisik  yang menggunakan belanja modal itu berakhir di bulan Desember, sebelum 31 Desember 2023.

  “Ini untuk melihat baik penyerapan anggaran,  dan juga penyerapan fisik di lapangan,  itu minimal harus sudah mencapai 97%.  Besok dilakukan evaluasi terakhir,” ujar pria yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Bapenda Kota Jayapura itu.

   Menurutnya berdasarkan laporan dari Bappeda Kota Jayapura penyerapan anggaran di tempat Jayapura sampai hari ini baru mencapai 90%. Dengan melihat Siapa yang ini kata dia berarti di beberapa organisasi perangkat daerah masih banyak kegiatan yang belum melakukan penagihan. Namun terkait belum dilakukan  penagihan ini bisa saja dipengaruhi oleh dua hal, apakah kegiatan fisiknya belum sampai 100% atau kegiatan fisiknya sudah mencapai 100% tetapi belum melakukan penagihan.

   Ini harus terus digenjot, apalagi terkait dengan penggunaan dana otonomi khusus yang mana penyerapannya juga harus maksimal jika tidak ingin kesalahan tahun lalu terulang kembali dan berimbas pada pengurangan dana otsus 2014 senilai kurang lebih Rp 4 miliar.

  “Sehingga Bapeda   besok lakukan evaluasi oleh  guna melihat Apakah OPD  ini serius atau  tidak dalam melaksanakan tanggung jawab dia, menggunakan sumber-sumber anggaran tadi.  Karena kalau besok masih ada  Silpa dana otsus. Maka, kita akan dievaluasi oleh pemerintah provinsi untuk 2025 dana kita akan dikurangi.  Kurangnya dari Silpa yang ada khusus untuk dana otonomi khusus,” bebernya.

   Termasuk  untuk sumber DAK, DAU, ada tahapan mekanisme yang juga harus diselesaikan oleh Pemerintah Kota Jayapura dalam hal ini OPD teknis. “Ini yang terakhir sebelum kita masuk pada Liburan Natal dan Tahun Baru,” tambahnya. (roy/tri)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version