Site icon Cenderawasih Pos

Numbai Kreatif Festifal Jadi Ivent Nasional 

Mathias Benoni Mano  (foto:Karel/Cepos)

JAYAPURA-Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, sudah meluncurkan kalender event nasional dalam acara kharisma event nusantara, yang diluncurkan oleh Menparekraf RI, Sandiaga Uno, di Taman Mini Indonesia Indah beberapa waktu lalu.

   “Ada beberapa event yang diluncurkan di seluruh Indonesia,  untuk Provinsi Papua hanya dari Kota Jayapura,  dan ivent dari Kota Jayapura itu adalah Numbai Kreatif Festival, ini merupakan produk dari Numbai  Creative Forum,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Mathias B. Mano, Jumat, (2/2).

   Dia mengatakan, Dinas Pariwisata Kota Jayapura telah mengusulkan tiga event,  yakni  Festival Port Numbay, Kemudian dari komunitas itu ada dua usulan,  yaitu Numbay Creative Festival, dan Papua Reggae Festival.

   “Dari 3 event ini melalui proses panjang,  mulai dari pendaftaran sampai dengan dilakukannya kurasi oleh panitia di Kemenpar pada 2023, dan yang lolos dalam Kharisma event nusantara adalah Numbay Creative Festifal. Sedangkan untuk Festival  Port Numbay dan Papua Reggae Festival juga tetap menjadi perhatian dari kementerian pariwisata,  dan mereka juga akan tetap mendukung.

  Artinya kedua kegiatan ini tetap masuk dalam agenda non event yang didukung oleh kementerian, yaitu melakukan promosi, terhadap kedua event tersebut secara nasional.

“Ini tentunya menjadi  hal yang membanggakan kita di Kota Jayapura. Dari tiga event yang kita usulkan, masih ada satu yang bisa diterima. Itu untuk di Propinsi Papua dan juga bersama dengan beberapa provinsi lainya, ada masing-masing satu festifal yang diterima,”bebernya.

   Event-event ini dilakukan oleh pemerintah dengan tujuan   mengajak masyarakat Indonesia pada umumnya,  supaya tetap berwisata di Indonesia dengan mengunjungi beberapa tempat festival yang diadakan di masing-masing daerah.

  Selain itu melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan itu juga bagian dari membantu  UMKM, pelaku pariwisata seni dan budaya ini untuk cepat bertumbuh. Terutama di masa-masa sulit masa pemulihan ekonomi pasca covid 19.

  “Memang setiap tahun itu kita selalu mengusulkan 3 sampai dengan 4 event.  Seperti Tahun 2022 ada Festival Port Numbay dan juga Numbay Creative Festival,” tambahnya. (roy/tri)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version