Site icon Cenderawasih Pos

ASN Pemprov Diarahkan Melayat, Pegawai Pemkot 70% Berkantor

Suasana di Kantor Gubernur jejeran karangan bunga serta aparat yang berjaga jaga, Kamis (28/12) kemarin. Belum ada aktivitas perkantoran. (foto:Elfira/Cepos)

Melihat Aktifitas Pegawai di Pemkot Jayapura dan Pemprov Papua Pasca Libur Natal

Di akhir tahun, intensitas kerja pegawai relatif sudah tidak banyak lagi. Karena itu, pasca libur  dan cuti bersama natal, biasanya banyak pegawai yang membolos, meski sudah ada intruksi dilarang menambah waktu libur. Lantas bagaimana dengan jajaran pegawai Pemprov Papua dan Pemkot ?

Laporan : Elfira & Robert Mboik_Jayapura

Hari pertama masuk kerja pasca libur dan cuti bersama Natal, suasana kantor di Kantor Gubernur Papua, Kamis (28/12) kemarin masih terlihat sepi. Para pegawai diarahkan untuk melayat  ke acara pemakaman mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe, di kediaman almarhum yang berlokasi di Koya, Distrik Muara Tami, Kamis (28/12) yang sedianya dimakaman siang menjelang sore kemarin.

   “Pejabat dan staf ASN di Pemprov Papua terundang dan pastinya semua akan berbondong bondong hadir memberikan penghormatan terakhir pada pimpinan besar kita,” ucap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua, Jeri Agus Yudianto saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos, Kamis (28/12).

   Disinggung apakah ada penambahan waktu libur dengan meninggalnya Pak Lukas Enembe? Jeri menyebut tak ada penambahan hari libur bagi ASN di lingkungan Pemprov.”Intinya tidak libur, masuk hanya tentunya seluruh pejabat dan staf akan ikuti prosesi pemakaman Pak Lukas Enembe,” terang Jeri.

   Sementara itu, pantauan Cenderawasih Pos di Kantor Gubernur, tak ada aktivitas perkantoran Kamis kemarin, yang ada hanyalah anggota Polisi dan Satpol PP yang berjaga-jaga di Kantor Gubernur. Selain itu, karangan bunga ucapan duka dari berbagai kolega berjejer di pintu masuk Kantor Gubernur. Sementara itu, acara pemakaman bergeser dari jadwal yagn telah ditetapkan,  dimana hingga berita ini diturunkan jenazah masih diarak menuju ke Koya Tengah.

   Sekedar diketahui, berdasarkan surat edaran Pemprov Papua, menindaklanjuti keputusan Gubernur Papua Nomor 188.4/41/tahun 2023 tanggal 16 Januari 2023 tentang hari hari libur resmi dan cuti bersama, pada Kamis 28 Desember kemarin masuk kerja pasca libur dan cuti bersama natal.

  Setelahnya pada 1 Januari 2024 merupakan libur tahun baru Masehi dan Rabu 3 Januari kembali masuk kantor pada pukul 07:30 WIT. “Diminta kepada para ASN untuk mengikuti ketentuan yang berlaku tanpa menambah waktu libur semaunya,” imbaunya.

  Sementara itu,  sekitar 70% aparatur sipil negara di Pemkot   Jayapura yang masuk kantor di hari pertama pasca liburan dan cuti bersama yang sudah diberlakukan oleh Pemerintah Kota Jayapura.   “Hari ini sekitar 70% dari total keseluruhan aparatur sipil negara di Pemkot Jayapura yang hadir di kantor,” kata Pj Sekda Kota Jayapura, Robby Kepas Awi, Kamis (28/12).

  Dia mengakui saat ini memang masih dalam suasana natal, namun pemerintah Kota Jayapura harus tetap membuka pelayanan kepada masyarakat di Kota Jayapura. Hal itu juga sudah sesuai dengan jadwal liburan dan cuti bersama yang sudah diberlakukan oleh pemerintah mulai dari tingkat Pemprov Papua hingga Pemkot Jayapura.

  Lanjut dia, terkait dengan kewajiban hari pertama masuk kantor, pihaknya tetap memberlakukan absen pagi bagi para pegawai atau ASN di Pemkot Jayapura itu.

“Hari ini kita tetap absen pagi, sehingga itu bisa menjadi kebijakan kepala daerah. Tetapi edaran kita tanggal 28 Desember  tetap masuk kantor,” ujarnya.

   Sebagaimana diketahui Pemkot Jayapura telah memberlakukan libur dan cuti bersama  Natal melalui surat edaran pejabat Walikota Jayapura.  Di mana liburan dimulai pada 21 Desember 2023 sampai 27 Desember 2023. Selanjutnya, 28 dan 29 Desember kembali berkantor. Selanjutnya cuti bersama, dan kembali berkantor Pada 3 Januari 2024.

  Sebelumnya, Pj Walikota Jayapura, Dr. Frans Pekey meminta para pegawai di Pemkot Jayapura tidak menambah hari libur di luar ketentuan surat edaran yang sudah diberlakukan. “Tidak ada hari kejepit, semua harus masuk berkantor setelah waktu liburan selesai” ujarnya . (*/tri)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version