Site icon Cenderawasih Pos

Kebakaran Berulang, Harus Ada Evaluasi Besar-besaran

Klemens Hamo (FOTO:Priyadi/Cepos)

SENTANI-Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Klemens Hamo mengatakan, peristiwa kebakaran yang terjadi di kompleks perkantoran Bupati Jayapura di Gunung Merah, Sentani, sudah terjadi 4 kali. Oleh sebab itu harus menjadi perhatian serius.

“Hal yang saat ini sudah terjadi dengan beberapa kali kebakaran di Komplek Perkantoran Bupati Jayapura, maka kami tidak boleh diam, kami minta harus ada evaluasi besar besaran dan menyeluruh,”ungkapnya, kepada wartawan di Kantor DPRD Kabupaten Jayapura, Selasa (31/10)kemarin.

Klemens Hamo menjelaskan, langkah pertama yang dilakukan pasca kebakaran di gedung D Kabupaten Jayapura yakni pertama melakukan tindakan pencegahan atau preventif.  Kedua penyelesaian bisa diungkap kenapa kebakaran sering terjadi di kompleks perkantoran Bupati Jayapura harus diusut tuntas dan jika perlu untuk lebih mengoptimalkan keamanan kantor Bupati Jayapura maupun menjelang Pemilu 2024 bisa dibentuk Satgas Pengamanan Kantor Bupati dan Pemilu 2024.

“Kejadian kebakaran ini sudah tidak masuk akal bisa sering terjadi di kompleks perkantoran Bupati Jayapura karena ini merugikan pelayanan ke publik dan kinerja ASN juga terganggu lalu dalam membangun gedung yang terbakar akan menggunakan dana dari mana, apakah nanti kita minta pusat, jadi kita harus cari solusi yang tepat supaya ke depan tidak ada kejadian sama,”ucapnya

  Diakui, jika memang petugas Satpol PP dan personel Polres Jayapura tidak bisa bekerja secara optimal bisa perlu bisa turunkan aparat gabungan dari TNI untuk menjaga Kantor Bupati Jayapura, supaya Kantor Bupati Jayapura benar benar aman.

Klemens juga meminta kepada enam OPD yang kantornya terbakar semua bisa melakukan inventarisir semua barang barangnya apa saja yang terbakar termasuk data dokumennya untuk bisa dilaporkan ke Inspektorat sebagai bukti jika dibutuhkan nanti pada saat pemeriksaan ada buktinya.

Selain itu, untuk mengantisipasi kejadian sebaiknya mulai saat ini dokumen yang dimiliki setiap OPD Harus dibuat file yang bisa disimpan secara online, supaya jika terjadi kebakaran masih ada file yang tersimpan secara online.

“Saya juga minta CCTV harus dipasang di lingkungan Pemkab Jayapura terutama di setiap kantor OPD supaya bisa memantau setiap pergerakan orang yang beraktivitas,”jelasnya.

Klemens juga minta peristiwa kebakaran bisa diusut tuntas jangan dibiarkan begitu saja nanti bilang diduga akibat korsleting listrik. “Saya minta pihak kepolisian Polres Jayapura bergerak secara cepat dan mengusut secara tuntas ini dibiarkan karena ini sudah berturut turut kalau gedung terbakar pelayanan terganggu karena ini pelayanan publik,”jelasnya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Jayapura Elvina Situmorang mengatakan, seluruh aktivitas pelayanan dari enam dinas yang terbakar dialihkan ke GOR Toware,  Stadion Barnabas Youwe (SBY) maupun di beberapa tempat lainnya yang masih menjadi kantor Pemkab Jayapura.

Keenam dinas tersebut, yakni Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (Pertanian), Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pariwisata, serta Dinas Lingkungan Hidup (LH).

Menurutnya,  dinas yang kantornya terbakar yakni Dinas Pertanian berkantor di UPTD Dinas Pertanian yang berada di depan GOR Toware, kemudian yang kedua Dinas Lingkungan Hidup itu berkantor sementara akan gunakan ruang lab samping Dinas Dukcapil dan DP2K, kemudian untuk Dinas Ketahanan Pangan akan berkantor.

Sementara di gudang beras samping mushola gunung merah, kemudian untuk Dinas Perikanan itu berada di Kantor UPTD benih ikan di Sereh, kemudian Dinas Pariwisata itu berkantor sementara pada Eks Kantor Dinas Sosial, dan kemudian Dinas Perkebunan dan Peternakan itu akan berkantor sementara di gedung sentral kakao yang berada di Kampung Yahim, untuk enam OPD tersebut sudah ada penempatan kantor baru sementara.

Selanjutnya, setiap Perangkat Daerah akan membuat tim jaga, untuk menjaga kantor mereka masing-masing. Kemudian, semua penjual yang ada di dalam areal gunung merah Kantor Bupati Jayapura ini ditertibkan. Mereka harus berada di luar kantor atau tinggal di rumah, nanti pagi baru datang jualan supaya penertiban di gunung merah ini bisa berjalan dan tidak ada orang luar yang menyusup.(dil/wen)

Kantor OPD yang Terbakar Pindah Tempat

Dinas Pertanian berkantor di UPTD Dinas Pertanian (di depan GOR Toware)

Dinas Lingkungan Hidup  (di ruang lab samping Dinas Dukcapil dan DP2K)

Dinas Ketahanan Pangan ( di gudang beras samping mushola gunung merah)

Dinas Perikanan (di Kantor UPTD benih ikan di Sereh)

Dinas Pariwisata ( tempati Eks Kantor Dinas Sosial)

Dinas Perkebunan dan Peternakan ( Tempati Gedung Sentral Kakao di Kampung Yahim)

Exit mobile version