Site icon Cenderawasih Pos

Pemprov Papua Selatan Siap Buka Lahan Pertanian di Mappi

Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo, ST, MT didampingi  Kepala Badan Percepatan Pembangunan Otsus Papua di Papua Selatan Yosep Yolmen, Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar, S.STP, M.Si, Sekda Mappi dan Kepala Dinas Pertanian Mappi saat melakukan peninjuan lokasi lahan pertanian di Bade, Distrik Edera, Kabupaten Mappi, Kamis (14/12/2023) lalu. (foto:Sulo/Cepos)   

MERAUKE- Pemerintah Provinsi Papua Selatan siap mendukung Kabupaten Mappi sebagai salah satu daerah lumbung  pangan di Papua Selatan dengan membuka lahan pertanian khususnya untuk persawahan dan penanaman pohon sagu.

Pembukaan lahan pertanian  ini mulai akan dilakukan Pemprov Papua Selatan, setelah Pj Gubernur Papua Selatan Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST, MT didampingi Kepala Badan Percepatan Pembangunan Otsus Papua di papua Selatan Yosep Yolmen, Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar, S.STP, M.Si, Sekda Mappi dan kepala Dinas Pertanian Mappi di Bade, Distrik Edera, Kabupaten Mappi, Kamis (14/12/2023) lalu.   

Pj Gubernur Apolo Safanpo bersama rombongan meninjau langsung lokasi untuk pembukaan lahan pertanian  yang  menurut Kepala Distrik Edera Yulius Yaap di daerah tersebut memiliki potensi  pertanian khususnya persawahan sekitar 3.000 hektar. Yang mana dari 3.000 hektar tersebut, baru sekitar20 hektar yang dikelola oleh masyarakat setempat yang merupakan masyarakat asli Papua.

Saat  Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo dan rombongan tiba di lokasi tersebut, masyarakat meminta bantuan  seperti  Jonder atau handraktor sampai pada  mesin pemotong padi.   Namun dengan melihat kondisi  lahan yang ada, Pj Gubernur Apolo Safanpo mengatakan bahwa untuk tahap awal Pemerintah Provinsi  Papua Selatan terlebih dahulu akan melakukan pembersihan dengan menggunakan alat berat.

‘’Kalau bapak ibu yang akan membuka lahan secara manual tentu bapak ibu tidak sanggup sehingga pemerintah yang akan membersihkan lahan ini terlebih dahulu sekaligus cetak lahan, sehingga nanti bapak ibu sudah mudah untuk  menggarapnya,’’ kata Apolo Safanpo.

Selain  melakukan persersihan lahan serta cetak sawah, pemerintah juga memberikan bantuan benih pupuk serta mendampingi para petani OAP tersebut cara mengolah lahan, menanam padi, memelihara sampai pada pasca panen.

‘’Kita tentu harus mendatangkan para petani yang sudah berpengalaman untuk  mendampingi bapak ibu mulai dari cara mengolah lahan, menanam, memelihara sampai panen nanti. Harus ada pendampingan kepada bapak ibu semua,’’ katanya.   

Mantan Rektor Uncen Jayapura  tersebut menjelaskan, seiring hadirnya Provinsi Papua Selatan, maka sudah barang tentu akan banyak orang yang datang di Papua Selatan sehingga akan terjadi pengembangan wilayah, pembangunan sarana prasarana. Sementara tanah  tidak bertambah.

‘’Kita tahu bahwa masyarakat  kita di Papua Selatan ini hidup sebagai peramu, mengumpulkan makanan dari alam. Kita tidak menanam. Tapi kedepan, arus globalisasi tidak bisa lagi kita bendung. Arus pergerakan barang dan orang tidak bisa dibendung lagi. Karena itu, masyarakat kita harus kita siapkan untuk menghadapi perkembangan global kedepan. Sehingga lahan yang ada tersebut sudah harus dijaga dan dikelola untuk kelestarian dan kehidupan generasi masa datang. Karena kita tidak bisa terus mengandalkan dari alam seperti yang kita lakukan selama ini,’’ tandas Apolo Safanpo.

Karena itu, jelas Apolo Safanpo sumber daya manusia yang ada harus mulai dipersiapkan, salah satunya di bidang pertanian  tersebut terutama orang asli Papua sebagai pemilik hak ulayat.

Sementara itu, Pj Bupati Mappi  Michael R. Gomar, S.STP, M.Si, menjelaskan bahwa lokasi yang ditinjau langsung oleh Pj Gubernur Papua Selatan tersebut  merupakan lahan yang dipersiapkan untuk pertanian dan diharapkan bisa menjadi lumbung pangan  bagi Kabupaten Mappi, Papua Selatan maupun Papua secara keseluruhan kedepan. Lahan tersebut sangat bagus untuk menjadi lahan pertanian karena air yang ada merupakan air tawar.

Kunjungan  Pj Gubernur  Papua Selatan Apolo Safanpo ke Bade Mappi  tersebut selain meninjau lahan pertanian tersebut, juga merupakan bagian dari Safari Natal 2023. Dimana Pj Gubernur Papua Selatan  Apolo Safanpo bersama dengan didampingi Kepala Badan Percepatan Pembangunan Otsus Papua di Papua Selatan Yosep Yolmen membagikan sedikitnya 500 paket sembako  kepada masyarakat setempat secara simbolis.

Untuik diketahui, saat tiba di Bandara Bade dengan menggunakan pesawat carteran dari  Merauke, Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo didampingi  Kepala Badan Percepatan Pembangunan Otsus Papua di papua Selatan Yosep Yolmen, Asisten III  Provinsi Papua Selatan Inosius Way, SIP, M.Si dan rombongan disambut dengan tarian adat Papua Selatan. Para pelajar mulai dari SD, SMP sampai SMA berjajar di jalan  untuk menyambut kedatangan orang pertama di Papua Selatan tersebut.  (ulo)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version