Site icon Cenderawasih Pos

Ada Peran Wong Jowo dalam Kesuksesan Borussia Dortmund melaju ke Semifinal

Pemain Borussia Dortmund keturunan Jawa-Suriname, Ian Maatsen, mencetak satu gol ke gawang Atletico Madrid (Schwartz/AFP)

Borussia Dortmund/BVB (Ballspiel-Verein Borussia) berhasil melaju ke Semifinal Liga Champions setelah mengalahkan wakil Spanyol, Atletico Madrid, pada leg kedua perempat final yang dimainkan pada Rabu (17/4) dini hari WIB. Mereka berhasil melaju dengan agregat kemenangan 5-4.

Laga yang dimainkan di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman di kandang milik BVB itu berakhir dengan kebahagiaan tim tuan rumah yang mampu lolos ke semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya dalam 11 tahun sejak 2013.

Dalam kemenangan itu, ada andil Ian Maatsen, seorang pemain keturunan Jawa-Suriname yang berstatus sebagai Pemain pinjaman dari Chelsea.
Dalam laga leg kedua itu, Julian Brandt membuka keunggulan BVB pada menit ke-34 setelah menerima umpan Mats Hummels, membuat skor menjadi 1-0.

Sementara hanya berselang 5 menit, pada menit 39’ BVB berhasil menggandakan keunggulan lewat tendangan kaki kiri Ian Maatsen yang mampu menjebol gawang dari tim tamu yang membuat skor jadi 2-0 untuk tuan rumah.

Kemudian, pada babak kedua, Borussia Dortmund melakukan kesalahan menghadiahi gol bunuh diri kepada Atletico Madrid pada menit ke-49. Saat itu, Mats Hummels berusaha menghadang sundulan bola dari Mario Hermoso tapi justru mengarah masuk ke gawangnya, membuat agregat kedudukan menjadi 3-3, setelah pada leg pertama BVB tertinggal 1-2.

Pada menit ke 64’ Angel Correa berhasil menyamakan kedudukan bagi Atletico Madrid jadi 2-2 sama setelah melakukan sepakan kaki kanan yang memanfaatkan bola kemelut di depan gawang dan menciptakan keunggulan agregat gol menjadi 3-4 untuk Atleti.

BVB berhasil memperkecil ketinggalanya di menit-71 saat Niclas Fullkrug berhasil menyundul umpan yang diberikan oleh Marcel Sabitzer untuk gol pertamanya setelah sembilan pertandingan tanpa gol, membuat skor jadi 3-2 dengan agregat 4-4 sama.

Hanya berselang 3 menit pada menit ke 74’ Marcel Sabitzer menambah keunggulan skor jadi 4-2 bagi BVB dan membuat agregat menjadi 5-4 yang mampu mengirim Borussia Dortmund ke babak semifinal Liga Champions.

Kemenangan ini memperpanjang rekor tak terkalahkan Dortmund di kandang dalam ajang Liga Champions menjadi 10 pertandingan.
“Itu adalah rollercoaster, malam yang sangat hebat,” ujar kepala eksekutif Dortmund Hans Joachim Watzke dikutip melalui AP News.

“Tidak selalu seperti itu untuk Borussia Dortmund, terakhir kali kami berada di semifinal adalah pada tl2013 ini adalah hari yang menyenangkan bagi semua Borussen,” jelasnya.

Borussia Dortmund akan menghadapi Paris Saint-Germain lagi di semifinal. Dimana kedua tim tersebut telah bertemu lebih dulu dalam pembukaan grup F saat Dortmund kalah 2-0 di Paris dan bermain imbang 1-1 di Jerman. (*)

Sumber : Jawapos

Exit mobile version