Site icon Cenderawasih Pos

Ternyata Perusahaan Telkom Ini yang Mengembalikan Koneksi Internet di Gaza

Situasi di Gaza. (Al Jazeera)

JAKARTA- Elon Musk sempat mendapatkan banyak pujian karena postingan di media sosial X, yang menyatakan bahwa Starlink akan mendukung konektivitas di Gaza setelah Israel memutus sinyal internet di area tersebut.

Starlink merupakan konstelasi internet satelit yang dioperasikan oleh perusahaan aerospace Amerika SpaceX, dan menyediakan jangkauan ke lebih dari 60 negara serta disebut sebagai penyedia internet dengan kecepatan tinggi.

Namun nyatanya, Elon Musk mengatakan bahwa tidak ada terminal Starlink dari Gaza yang mencoba terhubung.

Jika ada, maka Starlink akan mengambil tindakan untuk memastikan hal itu hanya digunakan untuk alasan kemanusiaan.

Selebihnya Elon Musk mengatakan bahwa ia juga akan melakukan pemeriksaan keamanan dengan pemerintah Amerika Serikat dan Israel sebelum menyalakan satu terminal Starlink pun.

Melalui sebuah video yang diambil dari TikTok, terungkap bahwa Elon Musk dan Starlink juga tidak membantu mengembalikan koneksi telekomunikasi di Gaza.

Video yang direpost oleh akun X @Jaybefaunt itu menjelaskan bahwa koneksi dan komunikasi di Gaza dinyalakan kembali oleh sebuah perusahaan telekomunikasi Palestina.

Perusahaan telekomunikasi bernama Paltel yang sudah ada di Gaza tersebut sempat mengalami kerusakan karena pengeboman di Gaza.

Kerusakan tersebut menyerang menara komunikasi dan kabel-kabel Paltel yang berada di area Gaza.

Namun kemudian Paltel terus mendatangkan tim teknisi tambahan di tengah situasi membahayakan di Gaza.

Hal tersebut disampaikan Paltel melalui akun media sosial X resmi mereka @Paltelco, yang terus berusaha memperbaiki jaringan telekomunikasi agar masyarakat Gaza tetap dapat terhubung dengan dunia luar.

Paltel mengatakan, sejak awal serangan udara di Gaza, jaringan telekomunikasi termasuk telepon, seluler, dan internet, menghadapi gangguan di berbagai wilayah karena pengeboman yang sedang berlangsung.

Baru-baru ini pula, beberapa wilayah di wilayah utara Jalur Gaza mengalami gangguan layanan karena kegagalan generator utama di Sheikh Radwan.

“Tim kami berada di lokasi, berupaya mencari solusi alternatif untuk memulihkan layanan dan bekerja tanpa kenal lelah dan tanpa henti dalam kondisi sulit,” ungkap mereka.

Hal tersebut dilakukan Paltel agar dapat memberikan layanan telekomunikasi secara gratis untuk warga Gaza dan Palestina.***

Exit mobile version