Site icon Cenderawasih Pos

Donor Darah Sukarela di PMI Kota Jayapura Meningkat

PMI Kota Jayapura saat melayani masyarakat yang hendak mendonorkan darahnya, di Kotaraja, pekan kemarin. (foto: Karel/Cepos)

JAYAPURA-Ketua PMI Kota Jayapura Rustan Saru mengungkapkan bahwa sampai dengan  awal  tahun 2024 ini perkembangan pemenuhan darah di PMI Kota Jayapura mengalami peningkatan. Dimana pemenuhan darah secara sukarela bisa mencapai 85 persen setiap bulannya, sehingga pemenuhan darah pengganti hanya 15 persen.

  Hal itu tidak terlepas dari dukungan masyarakat, dan juga berbagai intansi pemerintah maupun swasta dalam mengalakkan aksi sosial donor darah.

“Permintaan darah di PMI Kota Jayapura setiap harinya hampir 50 kantong, namun dengan adanya dukungan pendonor sukarela, maka kita hanya menyiapkan 15 kantong darah untuk memenuhi itu,” katanya Jumat (19/1).

  Perkembangan itu menunjukkan kesadaran masyarakat dalam mendukung PMI Kota Jayapura untuk memenuhi darah. PMI terus bekerja keras melakukan sosialisaai kepada masyarakat, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam aksi sosial donor darah.

  “Kami harap semua instansi, tapi juga swasta mendukung kerja kami di PMI Kota Jayapura dalam meningkatkan pemenuhan darah melalui aksi sosial,” harapnya.

  Pasalnya PMI Kota Jayapura tidak hanya memfasilitasi rumah sakit yang ada di Kota Jayapura, tapi juga ke rumah sakit di beberapa kabupaten di luar Kota Jayapura. “Kita tidak hanya menyuplai darah ke 8 rumah sakit di Kota Jayapura, tapi juga di Kabupaten Keerom dan Kabupaten Jayapura,” bebernya.

  Diapun mengharapkan dengan dukungan penuh masyarakat Kota Jayapura, kedepannya PMI dalam memenuhi kebutuhan darah tidak lagi menggunakan darah pengganti, namun melalui peningkatan aksi sosial.

  “Kami harap di tahun 2024 ini, tidak ada kendala dalam pemenuhan darah di PMI Kota Jayapura, terutama golongan darah tertentu yang memang ketersediaannya masih terbatas,” pungkasnya. (rel/tri)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version