Site icon Cenderawasih Pos

Akses Lokasi ke TPU Dosay Mulai Dikerjakan

Tampak lahan lokasi TPU yang ada di Kampung Dosay, Distrik Sentani Barat, dimana saat ini akses jalan sudah dibuat,  tinggal melengkapi sarana prasarana dan fasilitas seperti pagar di lokasi TPU supaya bisa digunakan, Rabu (13/3) kemarin. (foto:Priyadi/Cepos)

SENTANI-Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengatakan, Pemkab Jayapura telah memiliki lahan untuk Tempat Pemakaman Umum (TPU)  yang berada di Kampung Dosai, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura yang mana akses jalan menuju TPU sudah dibuat,  tinggal lokasi TPU yang dikerjakan karena masih belum dilakukan penataan.

“Pemkab Jayapura sudah miliki lahan TPU yang ada di Kampung Dosai. Saat ini yang baru dibangun adalah akses jalan masuknya, namun untuk penataan lokasi TPU belum,  masih dibutuhkan anggaran karena harus dilengkapi fasilitas, sarana dan prasarana,”ungkap Triwarno, Rabu (13/3)kemarin.

Triwarno mengaku, pihaknya akan meninjau secara langsung kondisi lokasi TPU di Kampung Dosai dengan lahan sekira lima hektar,  untuk melihat sejauh mana lahan yang dimiliki Pemkab Jayapura, karena memang secara akses jalannya sudah bagus dan kendaraan bisa masuk di jalan besar Kemiri Depapre.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Jayapura Hana S. Hikoyabi mengatakan, lokasi lahan TPU di Dosay seluas 5 hektar sudah dibeli Pemkab Jayapura dan saat ini akses jalan menuju TPU dari jalan raya Kemiri-Depapre sudan dibangun. Tinggal peningkatan sarana dan prasarana serta fasilitas untuk TPU, supaya segera bisa difungsikan.“Kami sudah bayar Lokasi ini.  Diharapkan segera dipasang pagar dan bisa langsung difungsikan,” katanya.

Menurut Hana, lahan TPU Dosay itu milik Pemkab Jayapura, sehingga pada saat proses pemakaman itu gratis tanpa mengeluarkan uang sepeserpun tinggal melakukan koordinasi dengan Distrik Sentani Barat maupun DLH melalui bidangnya.

Ditambahkan, TPU Dosay merupakan pemakaman umum yang bisa digunakan, baik masyarakat beragama Kristen maupun Islam. Dan nanti jika sudah beroperasi Sekda mengingatkan  supaya makamnya jangan dibuat macam-macan atau membuat rumah di atas makam, supaya lahan TPU tertata dengan rapi dan bagus semua sama tidak boleh ada yang seenaknya membangun.(dil/ary)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version