Site icon Cenderawasih Pos

BI Terus Galakkan Pengendalian Inflasi dan Penguatan Ekonomi

Faturachman (foto:Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua terus melaksanakan berbagai kegiatan, yang bertujuan untuk penguatan ekonomi dan pengendalian inflasi.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Faturachman menjelaskan, upaya mendukung penguatan ekonomi serta pengendalian inflasi di wilayah Papua kali ini dilakukan di Kabupaten Jayapura.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua menginisiasi inovasi sinergi berupa Gerakan Pemberdayaan Ekonomi  Berasaskan Sinergi  Masjid,  Pondok Sesantren, Petani dan dan Instansi (Gerobak Sentani).

“Gerakan ini merupakan implementasi pengembangan akses pasar antara pelaku usaha syariah yang memiliki unit usaha pertanian,  terutama komoditas pangan strategis, masjid, kelompok tani dengan berbagai instansi untuk mendukung pengendalian inflasi, ” jelasnya kepada Cenderawasih Pos, Sabtu (3/8) kemarin.

Diakuinya, Gerobak Sentani kali ini melibatkan pelaku usaha syariah antara lain, Pondok Pesantren Latifah Mubarokah dan Kelompok Tani Arpat Jaya,  selaku produsen bawang merah, cabai merah dan sayur-sayuran.

Selain itu, Masjid Al-Aqhsa Sentani, Kab. Jayapura berperan sebagai penyedia ruang terbuka umum untuk penjualan pasar murah bagi masyarakat umum pada Jumat 2 Agustus 2024.

“Gerobak Sentani juga bekerja sama dengan Bulog dalam penyediaan komoditas pangan strategis dengan harga terjangkau bagi masyarakat,  seperti beras, minyak goreng, tepung terigu dan gula pasir, ” terangnya.

Tidak hanya untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat dan penyediaan komoditas pangan strategis bagi masyarakat, Gerobak Sentani juga menjadi salah satu inovasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua dalam upaya perluasan digitalisasi QRIS.

Dengan semangat kolaborasi, inovasi, dan digitalisasi, program Gerobak Sentani diharapkan mampu menjadi percontohan pemberdayaan ekonomi umat dan pengendalian inflasi di wilayah Papua. Inovasi sinergi kegiatan serupa juga diharapkan berkembang dengan melibatkan rumah ibadah lainnya.  (ana/ary)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version