Site icon Cenderawasih Pos

Dua Polisi Gugur Ditembak, AK-47 Dibawa Kabur KKB

"Kejadian bermula saat personel kami sedang melakukan pengamanan di Hellypad 99, tiba-tiba dari arah timur terdengar beberapa kali tembakan yang menyebabkan kami kehilangan dua personel serta dicurinya 2 pucuk Senpi AK-47," ungkapnya.

Dalam Sepekan Tiga Prajurit Tewas di Papua

JAYAPURA – Intensitas kekerasan bersenjata di Papua belakangan terakhir menurun namun sepekan terakhir ternyata aksi-aksi penyerangan mulai bermunculan.

Setelah sebelumnya seorang prajurit TNI gugur di Puncak Jaya, kini dua anggota Polisi anggota Pos Polisi Ndeotadi 99 Distrik Baya Biru, Kabupaten Paniai juga gugur usai diserang Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kejadian itu terjadi pada Rabu (20/3) di Ndeotadi, Paniai. Kejadian ini terjadi sekira pukul 08.00 WIT dimana menurut Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo dua anggota Polri yakni Bripda Arnaldobert dan Bripda Sandi Defrit Sayuri tertembak dan gugur dalam tugas.

“Ya, ada dua personel yang tertembak dan gugur,” kata Benny. Kapolres Paniai, AKBP Abdus Syukur Felani menjelaskan  penyerangan terjadi saat personel sedang melaksanakan pengamanan Hellypad 99. Diduga pelaku adalah bagian dari KKB Aibon Kogoya.

“Kejadian bermula saat personel kami sedang melakukan pengamanan di Hellypad 99, tiba-tiba dari arah timur terdengar beberapa kali tembakan yang menyebabkan kami kehilangan dua personel serta dicurinya 2 pucuk Senpi AK-47,” ungkapnya.

Kapolres Paniai menyatakan bahwa pihaknya sedang melakukan penyisiran dan penyelidikan terkait kasus tersebut. Tindakan tegas akan diambil terhadap pelaku atau kelompok yang bertanggung jawab atas penyerangan tersebut.

“Kami akan mengejar pelaku atau kelompok yang bertanggung jawab atas aksi ini. Mereka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku. Kami juga tengah meningkatkan pengamanan di seluruh titik di Kabupaten Paniai guna menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan,” tegas Kapolres.

Aksi pengejaran pelaku ini menunjukkan komitmen aparat kepolisian untuk menegakkan hukum dan menjaga keamanan di daerah tersebut. Selain itu, kejadian ini juga menjadi peringatan akan potensi ancaman keamanan yang masih ada di beberapa wilayah, khususnya yang terkait dengan aktivitas KKB.

Sementara Kasatgas Humas Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno menyampaikan bahwa pihaknya siap membackup Polres Paniai jika dibutuhkan. “Kami siap,” singkat Bayu.

Atas peristiwa itu, Juru Bicara Jaringan Damai Papua (JDP), Yan C Warinussy menyatakan keprihatinannya.

Menurut Yan, segenap pihak yang terus terlibat dalam pertikaian bersenjata di Tanah Papua, baik dari TNI-Polri maupun Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) yang seringkali dikenakan sebutan sebagai Kelompok Sipil Bersenjata (KSB) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) harus menyudahi ini.

“Seyogyanya para pihak ini menyadari bahwa mengedepankan praktek kontak senjata senantiasa akan menimbulkan kerugian di setiap pihak mereka dan senantiasa akan menjadi pemicu konflik berkepanjangan di Tanah Papua,” kata Yan, kepada Cenderawasih Pos.

Sebagaimana kata Yan, sudah lebih dari 50 tahun sejak tahun 1963, konflik bersenjata ini terus terjadi dan kian meningkat diantara para pihak tersebut.

JDP pun turut berduka yang dalam atas gugurnya dua anggota Polri saat menjalankan tugasnya di Paniai. Apalagi kejadian ini diduga keras terjadi di lokasi pendulangan Ndeotadi 99.

“Perlu dilakukan investigasi guna mengungkap kematian sia-sia kedua korban anggota Polri dan anak asli Papua tersebut,” tegasnya.

JDP mendorong Kapolda Papua untuk mengambil langkah tegas, demi memberi kesempatan bagi keluarga korban untuk memperoleh keterangan yang jujur dan bertanggungjawab.

JDP juga mengimbau keluarga korban untuk senantiasa mempercayakan segenap urusan ini kepada negara Komnas HAM untuk mengungkap motif perbuatan pidana tersebut. (ade/fia/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version