Site icon Cenderawasih Pos

Pos Diserang,  Satu Personel Damai Cartenz Gugur

Bripda Alfandi Steve Karamoy ketika dievakuasi dan dilakukan pertolongan pertama di Puskesmas Sugapa, Jumat (19/1) malam. Sayang, personel Satgas Damai Cartenz itu dinyatakan gugur. (foto: SATGAS DAMAI CARTENZ)

JAYAPURA – Awan kelam menyelimuti petugas pengamanan  daerah konflik di Kabupaten Intan Jaya. Pada Jumat (19/1) malam sekira pukul 19.00 WIT salah satu anggota Satgas Damai Cartenz bernama Bripda Alfandi Steve Karamoy tertembak dan dinyatakan gugur.

Aksi penembakan ini dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Intan Jaya  yang dipimpinan Apen Kobogau dengan status Wakil Pangkodap VIII.

Kasatgas Humas Damai Cartenz, Ops Damai Cartenz AKBP Dr. Bayu Suseno menjelaskan bahwa serangan KKB ini diduga berasal dari belakang Tower BTS Telkomsel, di Kampung Bilogai, Distrik Sugapa.

Dan akibat serangan ini satu personel Operasi Damai Cartenz terkena tembakan dan gugur. Bayu mengatakan personel yang terkena luka tembak telah dievakuasi dan dilakukan pertolongan pertama di Puskesmas Sugapa. Hanya saja oleh dokter Piter menyampaikan bahwa personel tersebut dinyatakan gugur.

“Anggota Bripda Alfandi Steve Karamoy terkena tembakan di bagian rahang kiri tembus rahang kanan dan mengakibatkan ia gugur,” ujar Bayu Suseno tadi malam.

Lebih lanjut Bayu menyampaikan bahwa anggota Ops Damai Cartenz yang berada di wilayah tersebut mengalami serangan dari KKB selama 30 menit dari arah belakang pos.

“Saat ini kami masih melakukan penyisiran terhadap pergerakan KKB di wilayah Intan Jaya tersebut,” ujar Bayu Suseno.

  Sementara Kaops Damai Cartenz KBP Dr Faizal Ramadhani menegaskan bahwa Kelompok Kriminal Bersenjata tersebut akan dicari keberadaannya dan akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Saat ini pasukan kami masih melakukan pengejaran dan penyisiran di sekitar TKP,” pungkas Faizal.

Dari data yang diterima Cenderawasih Pos, kontak tembak antara aparat dan TPNPB terjadi sekira pukul 18:25 WIT. Kontak tembak tersebut membuat tiga desa di Intan Jaya yakni Desa Wandoga, Bilogasi dan Yokatapa mengalami ketakutan akibat trauma.

Kapolres Intan Jaya, AKBP Afrizal Asri, saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos membenarkan kontak tembak tersebut. Dimana kontak tembak itu antara aparat dengan Kodap VIII Intan Jaya.

“Iya, ada gangguan dari KKB yang menyebabkan satu anggota Brimob Satas Tindak  Operasi Damai Cartenz tertembak,” katanya.

Kapolres mengatakan, atas peristiwa kontak tembak tersebut, Intan Jaya menjadi siaga satu. “Semua siaga satu,” ucapnya singkat.

Adapun kronologi kejadian, Sekira pukul 18.00 WIT, di Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya telah terjadi gangguan tembakan sebanyak 4 kali yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). (ade/fia/wen)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version