Site icon Cenderawasih Pos

Curah Hujan Tinggi, Warga Diingatkan Jaga Kebersihan

Asep Khalid (foto:Mboik/Cepos)

JAYAPURA-Warga di Kota Jayapura diingatkan untuk menjaga kebersihan, terutama  lingkungan tempat tinggal dan juga saluran drainase.  Ini untuk mengantisipasi dampak terjadinya bencana banjir akibat intensitas hujan yang cukup tinggi belakangan ini.

   “Kami terus mengingatkan masyarakat di Kota Jayapura supaya menjaga kebersihan,  terutama kebersihan tempat tinggal mereka dan juga saluran drainase,” kata Kepala BPBD Kota Jayapura, Asep Khalid,  Senin (29/1).

  Dia mengatakan, saat ini Kota Jayapura dan sekitarnya sudah memasuki musim penghujan. Kemudian potensi tanah longsor, banjir bahkan abrasi seperti yang  sudah terjadi di kawasan pantai wisata Holtekamp Kota Jayapura juga telah menjadi ancaman serius. Karena itu, pihaknya terus memberikan sosialisasi dan imbauan kepada warga di Kota Jayapura, supaya benar-benar memperhatikan soal ini.

  “Terus ingatkan warga antisipasi gelombang pasang dan cuaca buruk terutama seperti di Pantai Holtekamp, bahkan sudah terjadi abrasi air laut,” katanya.

  Lanjut dia, selain memberikan imbauan kepada masyarakat, pihaknya juga rutin melakukan pengawasan di lapangan,  terutama untuk memastikan perkembangan di daerah-daerah tertentu yang menjadi daerah langganan banjir dan  longsor.

   Karena itu, sekali lagi dia mengajak untuk mengantisipasi dampak bencana itu bukan saja menjadi tugas atau pemerintah, tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak, terutama masyarakat itu sendiri dengan meningkatkan kewaspadaan di masing-masing tempat tinggalnya.

  “Kami selalu memantau di lapangan, terutama di daerah-daerah yang memang menjadi daerah berpotensi banjir dan tanah longsor,” bebernya. (roy/tri)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version