Site icon Cenderawasih Pos

Kapal Pesiar Berbendera Perancis Singgah di Jayapura

Kapal wisawatan  MV. Le Soleal, saat keluar dari perairan Teluk Humboldt Jayapura menuju Wewak, PNG.  Kamis (26/10), (Foto/Antara)

JAYAPURA – Kapal wisawatan Perancis MV. Le Soleal, tiba di pelabuhan Jayapura, Papua, untuk kunjungannya selama enam jam, Kamis (26/10).

“Kapal yang dinahkodai Paquet Antoine Benoit itu membawa 177 wisatawan mancanegara,” kata Kepala PT Pelni Jayapura Slamet Yanuard di Jayapura, Kamis.

Diakui, kapal berbendera Perancis itu sebelumnya dari Nabire dan setelah dari Jayapura akan melanjutkan perjalanan ke Wewak, Papua Nugini (PNG).

Kedatangan kapal MV Le Soleal merupakan kapal pengangkut wisatawan ke tiga yang berlabuh di pelabuhan Jayapura.

Sebelumnya kapal pesiar MV. National Geographic Orion berbendera Bahama membawa 96 wisatawan tiba di pelabuhan Jayapura, Senin (16/10).

  Kapal yang di nahkodai Karl Fredrik Joaki Geothberg berkebangsaan Swedia itu berada di pelabuhan Jayapura selama enam jam.

  Selain itu Minggu (22/10) kapal wisatawan MV. Heritage Adventurer berbendera Portugal juga berkunjung ke pelabuhan Jayapura membawa penumpang 85 orang wisatawan mancanegara.

  “Kapal-kapal yang membawa turis itu setelah dari Jayapura langsung menuju berbagai kota pelabuhan di PNG, ” kata Slamet Yanuardi.

  Kapolresta Jayapura Kota Kombes Viktor Mackbon secara terpisah menyatakan, anggota Polri senantiasa siap mengamankan kunjungan wisatawan mancanegara.

   Rata-rata para wisatawan itu mengunjungi sejumlah objek peninggalan Perang Dunia II yang ada di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

“Selama kunjungan terpantau tidak ada kejadian menonjol di wilayah tugas Polresta Jayapura Kota, ” kata Kapolresta Jayapura Kota Kombes Viktor Mackbon.

  Sementara itu, General Manager Pelindo Regional 4 Jayapura, I Nengah Suryana Jendra, mengatakan, pihaknya sangat antusias dengan kedatangan kapal pesiar yang sebelumnya mengunjungi Cenderawasih Bay Nabire di Papua Tengah.

  “Sepanjang tahun 2023, sebanyak tiga Kapal Pesiar yang berkunjung ke Kota Jayapura dan semuanya itu pada bulan Oktober,” ucap Suryana sebagaimana rilis yang diterima Cenderawasih Pos, Kamis malam.

  Suryana mengaku, pihak kami Pelindo Group sudah melayani tiga Kapal Pesiar. Dimana dua diantaranya sandar salah satunya kapal Le Soleal dan 1 kapal berlabuh atau tidak sandar.

  “Untuk kapal Le Soleal sendiri merupakan kunjungan kedua ke wilayah Papua, sebelumnya pernah masuk pada bulan oktober tahun 2022 lalu. Dan ini tentu saja merupakan berkah bagi Pelabuhan Jayapura,” kata Nengah.

   Dari data yang didapatkan Cenderawasih Pos, jumlah kru kapal sebanyak 161 orang termasuk kapten kapal dan penumpang wisatawan asing sebanyak 178 orang.

  Adapun rincian kewarganegaraan penumpang yakni  Australia sebanyak 164 orang, New Zeland 5 orang, Denmark 3 orang, Inggris 2 orang, Indonesia 2 orang, China 1 orang dan Amerika Serikat sebanyak 1 orang. (antara/fia/tri)

Exit mobile version