Site icon Cenderawasih Pos

Dua Tahun, Veteran Tak Dapat Bantuan dari Pemprov

Pemberian arahan pada peringatan HUT LVRI ke-67 yang digelar di Kantor Veteran, Jumat (19/1) kemarin. Elfira/Cepos

JAYAPURA – Selama dua tahun terakhir, 2022-2023, Legiun Veteran Republik Indonesia atau LVRI Papua, tidak mendapatkan dana hibah atau bantuan dari Pemerintah Provinsi Papua.

Hal ini disampaikan Ketua LVRI Papua, Muznibi, pada peringatan HUT ke-67 LVRI yang digelar di Kantor Veteran, di Jayapura Jumat (19/1) kemarin. Dimana peringatan HUT LVRI sendiri jatuh pada tanggal 2 Januari.

  “Dua tahun terakhir, kami tidak mendapatkan dana hibah atau bantuan dari Pemerintah Provinsi Papua,” kata Muznibi, kepada Cenderawasih Pos.

  Ia mengaku, kendati tidak mendapatkan dana hibah dari pemerintah. Namun program mereka tetap berjalan, namun sekadarnya saja. “Tahun 2024, kami ingin pemerintah bisa melihat Veteran. Jika bukan Pemda yang memperhatikan kami, lantas siapa lagi?” ujarnya.

  Dalam peringatan HUT ke 67 LVRI ini,  Muznibi mengaku selalu mendukung pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah di tanah ini. “Kita tidak bisa bergerak sendiri harus ada kebersamaan,” ucapnya.

  Adapun HUT LVRI kali ini mengangkat tema siap menyambut Pemilu yang aman, sejuk, damai, serta tetap terjaganya persatuan dan kesatuan bangsa. Dimana makna peringatan ulang tahun adalah upaya interopeksi diri sekaligus evaluasi perjalanan sebuah organisasi dalam melayani seluruh kepentingan anggotanya.

  “Berbagai tantangan dan hambatan pasti akan terus ada, hambatan bukan berarti pelemahan tetapi akan menjadikan kita lebih kuat. Pengalaman telah membuktikan, hanya dengan dedikasi dan pengabdian tanpa pamrih, organisasi LVRI tetap eksis dan solid,” ujarnya.

  LVRI juga harus tetap memberikan peran dan kontribusi terbaik bagi bangsa, LVRI akan tetap memfokuskan visi dan misinya, salah satunya adalah program pewarisan jiwa, semangat dan nilai-nilai kejuangan 1945.

  “Program yang sudah kita rintis sejak tahun 2012, akan terus kita lanjutkan untuk membangun karakter generasi penerus bangsa yang memiliki visi kebangsaan yang kuat,” ungkapnya.

  Adapun tema yang diangkat menjadi pedoman bagi arah dan kelanjutan perjuangan seluruh anggota LVRI  dalam upaya tetap menjaga persatuan dan kesatuan. LVRI berharap Pemilu berlangsung aman-sejuk- damai, tertib-lancar dan bangsa ini senantiasa dalam karunia-nya.

  “Saya mengingatkan seluruh anggota veteran untuk tetap menjaga panji organisasi LVRI dari kepentingan politik. Jaga martabat sebagai pejuang dan lindungi nama LVRI sebagai organisasi netral dan tidak berpihak,” ujarnya.

  Sementara itu, Ketua Pemuda Panca Marga Papua, Philip Wona, selama 67 tahun. Telah banyak yang dilakukan veteran kepada pemerintah mau pun masyarakat. “Peranan LVRI di Papua luar biasa, meski diusia senja mereka masih tetap mempertahankan keutuhan negara,” ucapnya.

Ia pun berharap pemerintah memperhatikan para Veteran, sebab mereka ini yang mendirikan negara dan punya jasa kepada negara.

  Di tempat yang sama, Sekertaris PPM Papua Antonius NS, mengatakan HUT LVRI Papua juga dihadiri oleh putra putri Panca Marga sebagai anak kandung dari LVRI. (fia/tri)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version