Site icon Cenderawasih Pos

Kesal Banyak Orang Mabuk, Anak Ondoafi Nyalakan Api Depan Toko Miras

Tumpukan sofa yang dibakar oleh salah satu anak  ondoafi di Waena pada Minggu (11/8). Pembakaran ini dilakukan di depan toko penjual minuman keras sebagai bentuk kekesalan karena banyaknya orang mabuk di Perumnas III Waena. (Agus For Cepos)

JAYAPURA – Sebuah aksi yang jarang dilakukan terlihat di Jalan Perumnas III Waena, Minggu (11/8) sore. Seorang anak Ondoafi, Agus Irianto Khambu  menyalakan api di depan sebuah toko minuman keras sebagai tanda protes sekaligus  peringatan.

   Ia kesal dengan aktifitas di sekitar toko tersebut, dimana setiap hari selalu saja ada orang yang mabuk dan membuat resah warga sekitar. Sebagai anak pemilik ulayat tempat dimana toko tersebut berdiri iapun meluapkan bentuk protesnya dengan membakar dua sofa  tepat di depan toko.

   “Itu di depan Toko Papua  dan ini bentuk protes saya sebagai anak adat. Toko ini berdiri di atas wilayah adat kami dan ayah saya adalah salah satu ondoafi di Waena,” ujar Agus Khambu melalui ponselnya. Ia menceritakan  setiap waktu selalu saja ada yang mabuk dan mengganggu warga.

    Ia tak setuju dengan  tindakan para pemabuk ini dan menganggap satu pemicunya adalah karena ada toko penjual miras tersebut. “Ini hari Minggu, harusnya orang ibadah tapi pas lewat dan rasa risih karena saudara – saudara saya masih berkumpul mabuk semua di situ. Dulu malah istri saya juga dipalak dan selalu begitu,” ceritanya.

   Agus mengatakan bahwa aksi penolakan adanya toko miras di atas tanah ulayatnya ini akan terus dilakukan. “Silahkan berjualan tapi jangan miras. Di samping situ ada apotek, ada penginapan dan mereka tentu tidak nyaman. Beberapa waktu lalu kami dengan kepala suku dan abuafa dan perangkat adat sudah diskusi dan ke depan saya akan lakukan aksi ini terus,” tambahnya.

   “Saya juga prihatin, sebab seperti tak ada perhatian dari gereja, aparat maupun dari distrik dan saya juga sudah beberapa kali peringatkan tokonya soal ini,” tegasnya.

   Ia berpendapat hari  Minggu adalah waktunya ibadah dan sepatutnya itu dihormati. Bukan justru berkeliaran dalam keadaan mabuk kemudian mengganggu pengguna jalan atau tempat usaha orang lain.

“Bayangkan saja, di toko itu sudah seperti rumah bagi mereka yang mabuk. Kakak saya sudah pernah tegur, begitu juga saya sendiri sudah berulang kali, tapi tetap minum dan membuat tidak nyaman, hingga akhirnya tadi saya lihat lagi akhirnya saya  putuskan membakar sofa sebagai teguran,” sambungnya.

Agus menyebut awalnya ia ingin mencari timbunan tapi saat pulang ia hanya menemukan sofa rusak dan sofa itulah yang dibawa untuk dibakar.

“Saya kawal dan control, jangan sampai apinya mengenai bangunan lain. Saya ini tidak minum, tidak merokok dan juga makan pinang jadi saya tidak suka melihat yang mabuk-mabuk begini. Jadi sebagai anak adat saya tolak bangunan yang berjualan minuman keras di atas ulayat dan kebesaran saya,” tutupnya. (ade/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version