Site icon Cenderawasih Pos

Kadis PUPR Kota: Penanganan Kali Acay Diserahkan ke BWS

Kali Acay, dipenuhi gulma dan sampah (foto:Mboik Cepos)

JAYAPURA-Kali Acay sangat membutuhkan perhatian lebih dari semua pihak. Baik pemerintah juga masyarakat di Kota Jayapura. Masalah yang kerap terjadi di Kali Acay ini, pertama adanya sampah-sampah botol plastik maupun jenis sampah lainnya yang berasal dari rumah tangga yang sengaja dibuang ke daerah aliran sungai. I

Sampah-sampah ini yang kemudian menumpuk di Kali Acay, terutama pada jaring-jaring penangkap sampah yang dipasang oleh pemerintah.  Masalah lain, terjadinya sedimentasi akibat gulma yang tumbuh begitu cepat.  Dua persoalan ini telah mengakibatkan terjadinya persoalan baru di Kali Acay, yaitu pendangkalan dan terkesan sangat kumuh.

   Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Jayapura,  Nofdy J Rampi menerangkan, sebelumnya sudah membersihkan kali tersebut bersama dengan BWS Papua dan juga Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua.

  “Sudah sering dibersihkan sebelumnya, kami sudah turun sama-sama dengan BWS dan juga Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua,” kata Nofdy J. Rampi, belum lama ini.

   Dia mengatakan untuk urusan sampah itu menjadi tanggung jawab dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Jayapura terutama bagian persampahan.  Sementara itu untuk bagian aliran sungainya saat ini tanggung jawab itu sudah dilimpahkan ke Balai Wilayah Sungai  Papua.

  “Kalau selanjutnya untuk masalah kali ajaib itu sampah itu ada di DLH,  sementara untuk aliran sungainya itu sudah dilimpahkan ke BWS,” ujarnya.

   Dia mengatakan sumber masalah yang terjadi di Kali Acai itu berasal dari sampah-sampah yang dibuang oleh oknum masyarakat terutama sampah-sampah yang sulit dilarutkan seperti sampah berbahan plastik terutama botol-botol dan lain sebagainya.

   Selain itu rumput atau gulma yang tumbuhnya begitu cepat juga menjadi salah satu penghambat aliran air menuju ke muara sungai.  Karena itu dia berharap Ini mesti ada kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah untuk sama-sama menjaga lingkungan tetap bersih.  Terutama sampah-sampah plastik tidak saja dibuang ke jalan atau di got karena pada akhirnya akan ikut mengalir ke sungai tersebut.

   Sebelumnya persoalan kotornya kali ajaib di Kota Jayapura itu mendapat dikeluhkan oleh beberapa warga sekitar.  Warga mengakui upaya untuk membersihkan sampah-sampah di Kali aja ini selalu rutin dilakukan. Namun begitu banyaknya sampah yang dialirkan melalui kali juga menjadi salah satu pengaruh kali tersebut cepat dipenuhi sampah selain gulma juga yang cukup banyak. (roy/tri)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version