Site icon Cenderawasih Pos

Siapkan Tenaga Kerja Siap Pakai, Uncen Buka Program Pendidikan Vokasi

Rektor Uncen Oscar Oswald Wambrauw  (foto: Karel/Cepos)

JAYAPURA-Rektor Universitas Cendrawasih Oscar Oswald  Wambrauw menyampaikan tahun 2024 ada beberapa progam prioritas Universitas Cendrawasih (Uncen), salah satunya membuka Program Pendidikan Vokasi. Program vokasi tersebut, dilakukan dengan mengabungkan dari berbagai progam studi yang ada saat ini.

  Menurutnya, pendidikan vokasi  bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi tenaga ahli atau profesional yang menerapkan atau mengembangkan, dan menyebarluaskan teknologi maupun seni budaya sebagai upaya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

  Selain itu, Program Pendidikan Vokasi lanjutnya diarahkan untuk menguasai kemampuan dalam bidang kerja tertentu sehingga dapat langsung diserap sebagai tenaga kerja di berbagai bidang produksi dan jasa, lembaga pemerintahan, atau berwirausaha secara mandiri.

  “Jadi Pendidikan Vokasi itu, hanya sampai D3 atau D4. Dia lebih kepada mempersiapkan tenaga yang siap pakai, sebab orientasi kurikulumnya 70 persen praktek lapangan,” ujarnya, Selasa (30/1)

  Tidak hanya itu, pengembangan pendidikan vokasi tersebut, dilakukan dengan membangun kerjasama baik pemerintah daerah dan juga industri maupun dunia usaha yang ada di Papua.

  “Sebenarnya output dari pendidikan vokasi ini untuk dunia indutri dan dunia usaha, karena mereka ini tenaga siap pakai,” kata Oscar.

  Selain itu pendidikan Vokasi tersebut dibuka sebagai wadah bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sebab prakteknya selama ini SMK di Papua sangat banyak, namun wadah untuk mrlanjutkan pendidikan mereka ke jenjang perguruan tinggi justru masih sangat minim.

  “Sehingga yang terjadi banyak lulusan SMK ini, saat kuliah ambil jurusan lain, padahal saat di bangku SMK mereka jurusan tata boga tapi kuliah ambil jurusan Pendidikan Guru,” ungkap Oscar.

  Dengan melihat problematika tersebut pihaknya kemudian melakukan suatu terobosan baru dengan membuka pendidikan vokasi di Uncen. “Kami membuka program vokasi ini untuk menjawab tantangan yang ada, dimana banyak lapangan pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus, tapi sayangnya kita di Papua sangat terbatas dengan itu,” ujarnya.

“ Oleh sebab itu di tahun 2024 ini, Uncen membuka program Pendidikan Vokasi,” sambungnya.

  Diapun mengharapkan program tersebut memberi dampak pada peningkatan kapasitas lulusan untuk bekerja sesuai bidangnya masing masing. Tapi juga menjawab tantangan lapangan pekerjaan di Papua. “Saat ini kami sedang memperisapkan fakultas, tapi juga SDM untuk Progam vokasi ini, targetnya mulai tahun ajaran baru sidah bisa menerima pendaftaran,” pungkasnya. (rel/tri)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version