Site icon Cenderawasih Pos

Kemenkes Latih Petugas Kesehatan Puskemas, RSUD Gunakan Aplikasi Smile Malaria

Traning Dan Testing Smile Malaria yang dilakukan oleh Kemenkes melalui Provincial Assitent  Papua Team di hotel grand sartika Wamena. (Denny/ Cepos)

WAMENA – Kementrian kesehatan melalui provincial assitent  papua team smile malaria melatih petugas kesehatan dari puskesmas dan rumah sakit dan dinas kesehatan dari 5 kabupaten di provinsi papua pegunungan terkait penggunaan aplikasi smile malaria yang dapat digunakan untuk memantau logistic dan distribusi serta pelaporan penggunaan obat malaria.

Dalam pelatihan ini hanya melibatkan kabupaten jayawijaya, mamteng , tolikara, lanny jaya,  dan yalimo,  sementara untuk 3 kabupaten lainnya yakni yahukimo , nduga dan pegunungan bintang akan di ikutkan kegiatan ini di jayapura karena terbatasnya akses ke wamena.

Provincial Assitent  Papua Team Smile Malaria Kementrian Kesehatan Ri Deslina Sande menyatakan tujuan dari pelaksanaan aplikasi smile malaria ini melibatkan petugas dari puskesmas , rumah sakit dan dinas kesehatan dimana usali dilatih dalam aplikasi ini akan lebih terbantu dalam sisi logistic , karena memang selama ini dari kabupaten sulit untuk mengakses logistic malariannya.

“melalui aplikasi smile malaria ini baik dari dinas kesehatan provinsi, kabupaten bahkan kementrian kesehatan bisa memonitoring logistic malaria sampai di puskesmas  dan mereka juga bisa melihat stok dari puskesmas maupun rumah sakit  serta juga pendistribusiannya kemana saja,”ungkapnya saat ditemui di hotel grand sartika Wamena usai traning dan testing smile malaria selasa (24/10)

Deslina berharap setelah peserta dilatih maka aplikasi ini bisa berjalan atau digunakan untuk memantau logistic malaria baik untuk puskesmas maupun  rumah sakit di provinsi dan kabupaten, saat ini peserta yang datang hanya dari 5 kabupaten sebab ini juga menyangkut masalah pendanaan, sehingga ilmu yang btelah didapatkan bisa diteruskan kepada yang lein di wilayah kerja masing –masing. (jo)

Exit mobile version