Site icon Cenderawasih Pos

Memperjuangkan Hak Kesetaraan Perempuan Dalam Politik, Ekonomi dan Birokrasi

PPT- PPP Provinsi Papua pegunungan dan Kabupaten Jayawijaya saat memberikan Sosialisasi di Gedung Dekanat Pegunungan Tengah Papua. (Denny/ Cepos)

WAMENA – Perempuan Papua yang tergabung dalam forum Perempuan Pegunungan Tengah di Provinsi Papua Pegunungan (PPT- PPP) menyatakan akan memperjuangkan hak dan martabat perempuan di Provinsi  Papua Pegunungan melalui oragnasisasi tersebut.

Dimana  Hak-hak perempuan itu antara lain, hak politik, hak perempuan dalam birokrasi, ekonomi , pendidikan dan kesehatan serta berbagai hal lainnya agar perempuan juga setera dengan laki – laki dalam pengambilan keputusan apapun.

Ketua PPT- PPP Refina Suhuniap mengatakan, untuk tujuan tersebut pihaknya telah membentuk organisasi  bernama PPT- PPP agar di wadah tersebut bisa memperjuangkan berbagai hak perempuan di Provinsi Papua Pegunungan  agar bisa setara dengan laki –laki.

“ organisasi kami secara resmi sudah terdapftar dan kami mau ingin untuk setara dengan perempuan-perempuan lain selain dari kabupaten maupun provinsi-provinsi lain” ungkapnya jumat (8/3) saat  sosialisasi dan penyerahan nota tugas pengurus PPT- PPP Kabupaten Jayawijaya di aula dekenat Pegunungan Tengah di Wamena

Suhuniap mengatakan, harapannya melalui organisasi perempuan yang bernama PPT- PPP bisa menjadi wadah saluran aspirasi dan suara perempuan dari 8 Kabupaten yang ada di Papua Pegunungan sehingga kedepan perempuan Papua juga punya hak yang setara dengan laki-laki terutama dalam pengambilan keputusan untuk pembangunan dan perubahan bersama di daerah.

“Harapan kami kedepan bahwa, bagaimana caranya sampai kami juga punya hak-hak yang sama dalam birokrasi dan segala macam itu kami di nomor duakan sehingga dengan berdasarkan organisasi yang kita bisa hadirkan di tingkat provinsi untuk merangkul 8 kabupaten supaya hak-hak mereka juga bisa diakomodir setera dengan laki. Jadi kami tidak mau marginalisasi sepihak” katanya.

ketua PPT- PPP menyatakan, setelah melakukan sosialisasi di tingkat Kabupaten termasuk penyerahan Nota Tugas sebegaimana yang di Lakukan di Jayawijaya, selanjutnya organisasi itu akan didaftrakan pada Kesbangpol masing-masing Kabupaten.

“kami punya harapan kedepan bahwa 8 Kabupaten  mesti harus mengeluarkan rekomendasi lebih khususnya itu organisasi yang sudah terdaftar di provinsi maupun tingkat Kabupaten, itu secara resmi kita terdaftar dan saya sebagai ketua saya akan memperjuangkan hak-hak perempuan, jadi jangan ada yang menghalangi ketika mereka masuk di tim seleksi untuk DPRK maupun juga tim seleksi yang lain untuk tahun-tahun mendatang,”bebernya

Sementara itu, Sekretaris PPT – PPP Kabupaten Jayawijaya, Marlince Siep, S.Pd, M.Pd mengaku jika tanggal 3 bulan ini pihaknya sudah  lengkapi badan kepengurusan dari organisasi ini itu sebagai salah satu syarat untuk nanti diberikan nota tugas, maka dari itu hari ini pihaknya buat kegiatan sekaligus sosialisasi dari ibu ketua sendiri dengan pemberian nota tugas sebagaimana tadi sudah dijelaskan untuk nanti kami secara resmi terdaftar di kesbangpol.

“Jadi kami punya 9 bidang itu memang sudah ada jadi kami melanjutkan ditingkat kabupaten sebagaimana tadi sudah dijelaskan ada beberapa hal yang menjadi keinginan, kerinduan  kami punya hak-hak yang selama ini kami rasa kami tidak dapat,”jelasnya. (jo)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version