Site icon Cenderawasih Pos

Pemprov Posisi Menunggu Dimulainya Pembangunan Kantor Gubernur

Prof. Dr. Ir Apolo Safanpo, ST, MT (Sulo/Cepos)

MERAUKE– Kendati DOB Provinsi Papua Selatan telah berusia 1 tahun pada 11 November 2023 lalu  namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda pembangunan kantor gubernur Papua Selatan, DPR Papua Selatan dan kantor MRP Papua Selatan di pusat pemerintahan Provinsi Papua Selatan di KTM Sailor, Distrik Kurik, Merauke.

  Menanggapi hal ini, Pi Gubernur Papua Selatan Prof Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST, MT, mengungkapkan bahwa Pemprov Papua Selatan posisinya menunggu dimulainya pembangunan kantor gubernur, kantor DPR dan kantor MRP Papua Selatan di pusat Pemerintahan Provinsi Papua Selatan di KTM Salor, Kurik tersebut.

Pasalnya, anggaran untuk pembangunan kantor pemerintahan di pusat pemerintahan Provinsi Papua Selatan tersebut bersumber dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kalau anggarannya dari APBD Provinsi Papua Selatan, tentu pembangunan perkantoran yang meliputi kantor gubernur, DPR, dan MRP Papua Selatan tersebut sudah kita mulai di 2023 kemarin. Karena kita sudah siap tanahnya. Tanahnya sudah ada, pelepasannya sudah ada dan master plannya juga sudah ada. Tapi, karena anggaran perkantoran di pusat pemerintahan tersebut dianggarkan dari kementrian PUPR dan dikoordinasikan langsung oleh BP3UKP yang diketuai Wapres maka kita ini sifatnya menunggu,” katanya

Karena itu, semuanya tergantung dari PUPR kapan memulai pembangunan perkantoran tersebut. Karena akan dilakukan pembangunan secara serentak untuk 3 DOB Provinsi di Papua. “Karena ground breakingnya atau peletakan batu pertamanya juga dilakukan secara serentak oleh wakil presiden. Pembangunannya juga demikian. Jadi kita pada posisi menunggu,” pungkasnya. (ulo)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version