Site icon Cenderawasih Pos

LMA Biak Rasa Kehilangan Sosok Pemimpin Hebat, Almarhum Lukas Enembe

Ketua Lembaga Masyaraka Adat Kabupaten Biak Numfor, David Rumansara

BIAK – Lembaga Masyarakat Adat ( LMA ) Biak Numfor merasa kehilangan sosok pemimpin hebat, mantan Gubernur Papua dua periode, Lukas Enembe yang di panggil oleh Sang Khalik pada Selasa,(26/12/2023) lalu.

“Sebagai manusia biasa kami memang merasa kehilangan sosok pemimpin yang hebat menurut LMA Biak,”ungkap Ketua Lembaga Masyarakat Adat ( LMA ) Kabupaten Biak Numfor, David Rumansara ketika di hubungi Cenderawasih Pos Selasa,(2/1/2024).

Bila membandingkan sosok Gubernur Papua khususnya orang asli sejak awal berdirinya Provinsi Papua hingga Gubernur Papua Lukas Enembe kata David Rumansara tidak ada sosok Gubernur Papua yang  hebat seperti almarhum Lukas Enembe.

Pasalnya ia sangat berani membawa  dan menyuarakan aspirasi masyarakat adat, aspirasi masyarakat Papua untuk di perhatikan oleh pemerintah pusat yaitu aspirasi tentang kesejahteraan, kedamaian dan membangun keadilan diatas Tanah Papua.

“Itu yang kami lihat dari beliau, hebat beliau punya gebrakan-gebrakan dalam membangun Tanah Papua. Kalau dari amber itu mantan gubernur Akup Zainal. Dua sosok ini yang nampak punya kelebihan yang Tuhan berikan untuk membangun negeri ini,”ujarnya.

Mantan Gubernur Papua Akup Zainal dan Lukas Enembe menurutnya berani dan tegas untuk menyampaikan aspirasi masyarakat Papua ke pemerintah pusat. Tujuannya untuk keadilan dan kesejahteraan masyarakat di Bumi Cenderawasih.

“Untuk hal-ha lain beliau terjerat hukum kami kembalikan itu kepada pihak hukum yang berwajib, kalau memang ada indikasi dan terproses secara hukum itu kami tidak bisa mencampuri ke ranah itu, hanya kami minta proses hukum harus adil dan ada kebijakan-kebijakan yang ada rasa kemanusian,”katanya.

Dan kepada seluruh masyarakat adat Papua yang merasa kehilangan ia berharap dapat mengendalikan diri sehingga tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak keamanan dan ketertiban umum dan juga merugikan diri sendiri dan keluarga ( ren )

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version