Site icon Cenderawasih Pos

Dari Donor Darah, Tanam Mangrove hingga  Upacara di Dasar Laut

Ketua PMI Kota Jayapura Rustan Saru saat menyerahkan secara simbolis bibit pohon Mangrove kepada perwakilan ORARI Kota Jayapura dalam bentuk partisipasi PMI Kota Jayapura peduli Mangrove di momen memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-95, dan di Tanam di Teluk Youtefa, Hutan Bakau, di bawah jembatan youtefa, Sabtu (28/10). (foto: Priyadi/Cepos)

Melihat Sejumlah Agenda Memperingati Hari Sumpah Pemuda di Kota Jayapura

Moment  Hari Sumpah Pemuda ke 95 diperingati berbagai komponen masyarakat di Kota Jayapura  dengan berbagai cara. Intinya bagaimana untuk menumbuhkan semangat pemuda dalam berkontribusi di tengah masyarakat saat ini.

Laporan: Priyadi & Gamel_Jayapura

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jayapura tidak hanya memiliki tugas misi kemanusiaan saja dalam memenuhi kebutuhan darah bagi pasien yang membutuhkan darah di rumah sakit, PMI juga melakukan  pembinaan PMR, SKR dan peduli sosial kemasyarakatan lainnya. Tapi, PMI Kota Jayapura juga punya tanggung jawab terhadap kepedulian ekosistem lingkungan.    

  Oleh karena itu,   pada momen Hari Ulang Tahun Sumpah Pemuda Ke-95 tahun 2023, PMI Kota Jayapura juga tidak mau ketinggalan melakuakn kegiatan positif. Yakni, dengan melakukan penanaman pohon mangrove sebanyak 300 pohon yang dilakukan di Teluk Youtefa di bawah jembatan youtefa.

PMI Kota Jayapura tidak sendiri, tapi juga  bersama PMI tingkat Distrik Se Kota Jayapura, perwakilan Organisasi Kemasyarakatan ORARI, Komunitas Rumah Bakau Jayapura, Perwakilan Uncen, PMR, KSR dan perwakilan wartawan di Jayapura dan lainnya, dengan dihadiri Ketua PMI Kota Jayapura Rustan Saru, Dewan Kehormatan PMI Kabupaten yang diwakili Sekretaris RD. Siahaya dan  Danramil Jayapura Selatan, Sabtu (28/10)

   Ketua PMI Kota Jayapura Rustan Saru, berterimakasih kepada semua peserta yang telah ikut ambil bagian pada kegiatan tersebut untuk sama-sama melakukan  penanaman pohon mangrove.

   “Mudah-mudahan apa yg kita kerjakan sebagai bagian langkah positif dan baik untuk masa depan anak cucu kita, menanam pohon mangrove sangat penting untuk menghindari abrasi, menjaga ekosistem biota laut yang ada di sini, dan bisa menjadikan eko wisata akhirnya bisa menghasilkan perekonomian bagi masyarakat setempat,” ucapnya.

   Untuk itu, ini gerakan sangat penting karena diketahui di Teluk Youtefa saat ini sudah banyak pembangunan sehingga mempengaruhi berkurangnya habitat atau pertumbuhan pohon mangrove. Sebab,  sudah ada Penebangan hutan dan pohon mangrove dan ini dilakukan perdana sebagai bentuk dukungan untuk pemerintah melalui program Presiden RI Joko Widodo.

    Selain itu, dalam momen peringatan hari Sumpah Pemuda PMI Kota Jayapura berharap sebagai momen terbaik karena  negara Indonesia semakin hari semakin komplek permasalahannya, makanya ini menjadi momen positif menjaga keberagaman persatuan dan kesatuan.

  ” Kita jangan terpecah belah supaya persoalan yang muncul bisa diselesaikan dengan baik kita sama sama harus bisa menjaga keutuhan  SARA di Indonesia untuk disatukan dalam NKRI. Maka dari itu, kita buktikan berbagai elemen yang hadir kali ini kita akan melakukan kegiatan sosial tanaman mangrove,”jelasnya.

   Sementara itu, Sekretaris Dewan Kehormatan PMI Kota Jayapura  RD. Siahaya berharap kegiatan seperti ini juga bisa dilakukan pemerintah daerah secara masif dengan melibatkan para stakeholder, karena menjaga hutan mangrove itu sangat penting dan banyak manfaatnya, karena saat ini pembangunan di daerah pantai Hamadi dan pantai Holtekamp begitu luar biasa jika tidak diimbangi dengan menjaga ekosistem alam tentu bisa berbahaya. Untuk itu, diharapkan kepedulian dan perhatian dari Pemerintah untuk sama sama saling menjaga lingkungan di Kota Jayapura.

   Tak hanya aktifitas pelestarian lingkungan, dalam rangka memperingati HUT Sumpah Pemuda yang ke-95, KNPI Papua menggelar aksi donor darah di Halaman Kantor Distrik Abepura, Sabtu (28/10). Dari aksi donor darah tersebut berhasil mengumpulkan 58 kantong darah. Dari kegiatan ini, KNPI berhasil mengumpulkan  puluhan kantong darah.

  “Kami harapkan di usia Sumpah Pemuda yang ke-95 ini, Pemuda Papua bangkit untuk mendorong kemajuan bangsa terlebuh khususnya lagi untuk kemajuan tanah Papua,” harap Ketua DPD KNPI Papua, Mariolen Sawaki.

Momen,  Sumpah Pemuda ke-95, juga  diperingati komunitas  Mollo Jayapura Dive Community atau komunitas selam yang terbentuk sejak 2016. Mereka menggelar pengibaran bendera merah putih di dasar laut. Tercatat ada 50 penyelam yang turun ke dasar laut mengikuti kegiatan tersebut pada Sabtu (28/10).

  “Kami ingin tunjukkan bahwa anak muda di Kota Jayapura juga memiliki semangat yang sama dengan yang lain. Yang menjunjung tinggi nilai nilai kebersamaan,” kata Ketua Mollo Jayapura Dive Community, Koman Tarigan usai kegiatan.(*/tri)

Exit mobile version