Site icon Cenderawasih Pos

Libatkan Penguji dari Perusahaan, Setelah Lulus Bisa Siap  Kerja

Siswa SMKN 2 Kota Jayapura ketika melaksanakan ujian kompetensi keahlian,  Rabu (27/3). (foto:Robert Mboik/Cepos)

Melihat  Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di  SMK Negeri 2 Jayapura

Sejumlah siswa kelas XII SMK Negeri 2 Kota Jayapura mulai melaksanakan kegiatan ujian kompetensi sebagai salah satu syarat, bagi peserta didik yang akan menyelesaikan masa studi di jenjang SMK tahun 2024. Lalu bagaimana saja pelaksanaan UKK di SMK 2 Negeri Kota Jayapura itu?

Laporan: Robert Mboik-Jayapura

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. Selain sebagai alat penentu kelulusan, UKK juga berperan sebagai alat pengukur kemampuan dan kompetensi siswa selama menempuh pendidikan.

Hasil ujian ini memberikan pandangan yang jelas tentang perkembangan siswa sepanjang waktu mereka belajar di sekolah.

   Nah saat ini, semua SMK di Kota Jayapura sudah mulai menjalankan UKK salah satunya SMKN 2 Kota Jayapura. Rabu (27/3) pagi kemarin, Cenderawasih Pos berkesempatan untuk melihat pelaksanaan kegiatan UKK di sekolah itu,  khususnya untuk jurusan teknik jaringan komputer dan telekomunikasi pada program keahlian teknisi dan customer service samsung tech institut tahun pelajaran 2023/2024.

   “Ujian kompetensi keahlian ini bertujuan mengukur kemampuan peserta didik tentang materi yang sudah diterima selama teori, tapi juga untuk melengkapi penilaian pada raport semester akhir dalam penentuan kelulusan nantinya,” kata Kepala SMK Negeri 2 Bisnis Manajemen, Elia Waromi, Rabu (27/3).

   Ujian kompetensi keahlian bagi siswa kelas  12 program keahlian teknisi dan customer service samsung tech institut akan berlangsung selama dua hari, dan pengujinya berasal dari karyawan Samsung Jayapura. Yang mengikuti ujian kali  ini merupakan angkatan yang pertama dari program keahlian konsentrasi teknisi dan customer services samsung tech institut di SMKN 2 Bisnis Manajemen Jayapura Tahun Pelajaran 2023/24.

   Karena itu,  Ujian ini merupakan bagian dari implementasi kerjasama direktorat sekolah menengah kejuruan dengan pihak samsung Indonesia. Di Papua hanya ada di SMKN 2 Bismen Jayapura. Untuk jurusan tersebut, setidaknya ada 28 siswa kelas  12 pada program keahlian teknisi dan customer services samsung tech institut ini.

   Karena itu, pihaknya berharap setelah lulus dapat terserap di dunia kerja dan industri khususnya di perusahan samsung atau gerai samsung di Indonesia umumnya tetapi lebih khusus di Jayapura Papua di waktu mendatang.

   Karena itu lulusan-lulusan SMK merupakan lulusan yang siap kerja dan bersaing  di dunia kerja. Pihak sekolah pun telah mempersiapkan anak-anak SMK Negeri  2 Kota Jayapura itu untuk bersaing di dunia kerja melalui bimbingan para tenaga guru yang ada di sekolah tersebut. (*/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version